UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN TENTANG PEREMPUAN DALAM FILM PROJECT X KARYA NIMA NOURIZADEH (Studi Resepsi pada Mahasiswi Kos Putri Mastrib di Jember)

Pramiswara, Andika Arif (2016) PEMAKNAAN TENTANG PEREMPUAN DALAM FILM PROJECT X KARYA NIMA NOURIZADEH (Studi Resepsi pada Mahasiswi Kos Putri Mastrib di Jember). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikaarif-42399-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikaarif-42399-2-babi.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Para remaja saat ini banyak meniru budaya barat, pergaulan bebas yang terjadi pada remaja indonesia tidak lepas dari peran teknologi baik itu Internet, Televisi maupun Film, dalam kaitannya dengan pergaulan bebas, film Project X sering kali menampilkan perempuan sebagai sosok penggoda yang menampilkan keseksiannya, sensualitas yang di tampilkan perempuan dalam film ini dapat mendorong remaja melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda. Lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai perempuan dalam film Projeect X ini maka pendekatan analisis resepsi yang dipilih oleh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif dimana peneliti menggunakan audiens sebagai instrumen kunci yang kemudian peneliti menginterpretasikan pemaknaan yang dibuat oleh audiens berdasarkan latar belakang dan pengalaman masing-masing. Audiens dalam penelitian ini adalah mahasiswi kos putri mastrib dijember yang diambil berdasarkan teknik purpose sampling dan didapat tujuh orang audiens yang sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Sementara untuk teknik pengumpulan data menggunakan FGD (Focused Group Discussion). Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model Stuart Hall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemaknan khalayak terhadap perempuan dalam film Project X ini berbeda-beda. Pada kategori dominant hegemony reading, khalayak tidak mempermasalahkan film tersebut karena dalam film tersebut perempuan suka sekali dengan nongkrong bareng teman, shoping, jalan-jalan dan pergi ke pesta sama seperti kebanyakan perempuan indonesia lainnya. Sedangkan pada kategori negotiated reading khalayak cenderung tidak peduli/ cuek terhadap film Project X, tetapi mereka tetap mewaspadai bahaya atau dampak tayangan film ini terhadap kehidupan pergaulan remaja. Dan khalayak pada kategori oppositional reading, mereka sangat kecewa dan menganggap film ini sebagai tayangan yang tidak pantas di pertontonkan, karena mereka menganggap perempuan dalam film ini bisa dibeli dengan uang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:40
Last Modified: 30 Mar 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23549

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo