UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL DALAM MEDIA IKLAN LINE "LET's GET RICH" ( Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Line "Let's Get Rich" di Televisi / Video Ad Sense Internet Versi Dimas Danang & Imam Darto Dan Bunga Citra Lestari & Arsyaf Sinclair )

FAHMI, M. YUNIAR (2016) KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL DALAM MEDIA IKLAN LINE "LET's GET RICH" ( Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Line "Let's Get Rich" di Televisi / Video Ad Sense Internet Versi Dimas Danang & Imam Darto Dan Bunga Citra Lestari & Arsyaf Sinclair ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-myuniarfah-42403-1-cover.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-myuniarfah-42403-2-bab1.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Sekarang berbicara tentang iklan adalah hal yang familiar kita temui mulai dari media cetak sampai dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi. Cara pengiklanan juga ikut berkembang. Praktis hal ini membuat kita berjalan tanpa tidak melihat sebuah iklan. Peneliti memilih iklan Line Let's Get Rich versi Dimas Danang & Imam Darto Dan Bunga Citra Lestari & Arsyaf Sinclair sebagai iklan yang dianalisis karena iklan-iklan tersebut merupakan iklan dengan target sasaran semua usia tanpa pengkotakan gender kemudian untuk membongkar makna pesan yang terkandung dalam iklan LINE LetÂ’s Get Rich dan mengetahui cara iklan mengkonstruksi realitas sosial lewat iklannya. Iklan ini juga menunjukkan adanya kesamaan cara pandang terhadap sosial, budaya yang berada di Indonesia, karena iklan kedua tersebut menampilkan hedonisme dan kapitalsime ala barat dikemas secara filmis ala Hollywood, dengan demikian iklan mengkonstruksi pikiran khalayak atau konsumennya. Substansi teori dan pendekatan konstruksi sosial atas realitas dari Berger dan Luckmann adalah pada proses simultan yang terjadi secara alamiah melalui bahasa dalam kehidupan sehari-hari pada sebuah komunitas primer dan semi sekunder. Bisa dilihatnya melalui eksternalisasi, objetifitas dan interlalisasi. Dibantu dengan teori semiotika Barthes dalam mengetahui isi makna pesan dalam iklan. Dari perspektif semiotika, kita harus memiliki pengertian yang sama tidak saja terhadap setiap kata dan tata bahasa yang di gunakan, tetapi juga masyarakat dan kebudayaan yang melatarbelakanginya agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif atau dapat dijelaskan bahwa metode tersebut memfokuskan pada "tanda" dan teks sebagai objek kajian serta bagaimana peneliti "menafsirkan" dan memahami kode dibalik tanda dan teks tersebut dan viii memberikan kesimpulan yang komprehensif mengenai hasil penafsiran dan pemahaman. Dengan menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes, penelitian ini di fokuskan pada gambar dalam scene iklan Line Let's Get Rich sebagai objek sebagaimana peneliti. Kemudian membedahnya lagi untuk mengetahui cara media iklan mengkonstruksi khalayak dengan menggunakan pendekatan L. Berger dan Lukmann dengan melihat variabel atau fenomena media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengiklan telah melakukan berbagai cara persuasif untuk menggiring konsumen untuk menggunakan produk iklan sebagai media konstruksi realitas dalam iklan Line makna denotatif dan konotatif menghasilkan mitos, mitos merupakan sebagai unsur konstruksi dan kenyataan yang ada di masyarakat memberikan sebuah cerminan atau mirror of reality iklan pertama gambaran konkrit tentang sebuah lukisan kenyataan. Berisikan informasi tentang relasi dan budaya yang sedang dialami oleh pengguna game Let's Get Rich. menawarkan iklan ini informasi yang salah, iklan kedua ini merupakan distortion mirror of reality.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:29
Last Modified: 26 Jan 2018 09:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23536

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo