UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN PEMAKAIAN PUPUK ORGANIK BAGI PETANI (Studi Terhadap Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Sumberejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

REZKA, TEGAR AMBAWA (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN PEMAKAIAN PUPUK ORGANIK BAGI PETANI (Studi Terhadap Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Sumberejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tegarambaw-42404-1-pendahul-n.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tegarambaw-42404-2-babi.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Di lain pihak jika tidak ada strategi komunikasi yang baik dari proses komunikasi (terutama komunikasi media massa) bukantidakmungkinakanmenimbulkanpengaruhnegatif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dalam penyuluhan pemakaian pupuk organik bagi petani (Studi Terhadap Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Sumberejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan model analis data dari Miles dan Huberman (1992) yaitu model analisis interaktif, dimana dalam metode ini terdapat 3 komponen analisis, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya analisis dilakukan dengan memadukan (secara interaktif) ketiga komponen utama tersebut. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi data yang menunjuk pada upaya peneliti untuk mengakses sumber-sumber yang lebih bervariasi guna memperoleh data berkenaan dengan persoalan yang sama. Berdasarkan hasil penelitian di atas dan setelah melakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa mengenai strategi komunikasi dalam penyuluhan pemakaian pupuk organic bagi petani dapat disimpulkan sebagai berikut: Proses komunikasi yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Proses pendekatan komunikasi selama ini petugas selalu berupaya untuk menjalankan fungsi dan peranannya yaitu dengan memberikan arahan atau dukungan terkait dengan proses komunikasi yang dilakukan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan dukungan dalam rangka mendukung strategi komunikasi yang dilakukan oleh penyuluh kepada masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama ini kebijakan dinas dalam upaya untuk mengkomunikasikan yaitu dengan melakukan sosialisasi sehingga aktivitas atau kegiatan program dapat berjalan sesuai dengan harapan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dinas berupaya untuk mengkomunikasikan proses sosialisasi sehingga aktivitas operasional dalam komunikasi dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan harapan masyarakat. Proses operasional komunikasi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan ketentuan maka proses evaluasi selalu dilakukan untuk mendukung bahwa aktivitas yang dilakukan benar-benar sesuai dengan harapan sehingga, program-program dalam strategi komunikasi dalam penyuluhan pemakaian pupuk organic bagi petani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:25
Last Modified: 30 Mar 2016 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo