UMM Institutional Repository

PERBEDAAN DUKUNGAN ISTRI TERHADAP SUAMI DALAM PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI VASEKTOMI DI KELURAHAN SAWOJAJAR KOTA MALANG

WIDYASTUTI, INDRASARI (2015) PERBEDAAN DUKUNGAN ISTRI TERHADAP SUAMI DALAM PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI VASEKTOMI DI KELURAHAN SAWOJAJAR KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indrasariw-41807-2-bab1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indrasariw-41807-1-pendahul-..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Vasektomi merupakan pemotongan atau penyumbatan vas deferens tepat di atas testis untuk mencegah jalannya sperma. Angka keikutsertaan pria ber-KB di Indonesia masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya dukungan dari pihak keluarga khususnya dukungan istri. Tujuan dalam penelitia ini adalah Untuk mengetahui adakah perbedaan dukungan istri terhadap suami yang berpartisipasi dalam vasektomi dan tidak vasektomi. Metode: Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen dengan desain penelitian case control dimana pengumpulan datanya terdiri dari dua kelompok yaitu kasus dan kontrol. Penelitian dilakukan maret 2015 di wilayah Kelurahan Sawojajar. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan seluruh responden pengguna vasektomi mendapatkan dukungan istri tinggi. Responden yang tidak vasektomi sebagian besar mendapatkan dukungan rendah. Hasil analisa uji Mann whitney dengan taraf signifikan 0,05 didapatkan p value 0,000 dan nilai z hitung -5,424 kurang dari z tabel, yang berarti ada perbedaan dukungan istri terhadap suami yang berpartisipasi dalam vasektomi dan tidak vasektomi Diskusi: Dukungan istri yang tinggi diharapkan mampu membantu suami dalam mengambil keputusan untuk menggunakan alat kontrasepsi terutama kontrasepsi vasektomi. Peminat kontrasepsi vasektomi masih sedikit, sehingga dukungan istri yang tinggi diharapkan mampu untuk membantu suami dalam mengambil keputusan untuk menggunakan alat kontrasepsi vasektomi. Selain dukungan istri jumlah anak dan usia juga mempengaruhi seseorang menentukan kontrasepsi yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:10
Last Modified: 30 Mar 2016 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23502

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo