UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT DESA PADOMASAN TENTANG KARTU BPJS DAN KARTU INDONESIA SEHAT DI DESA PADOMASAN KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER ( Studi di Desa Padomasan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember )

ANGGRAENI, RATRI GANITA (2015) PERSEPSI MASYARAKAT DESA PADOMASAN TENTANG KARTU BPJS DAN KARTU INDONESIA SEHAT DI DESA PADOMASAN KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER ( Studi di Desa Padomasan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriganit-41904-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratriganit-41904-2-babi.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Visi pembangunan kesejahteraan sosial melalui pelayanan sosial ataupun perlindungan sosial, serta pemberdayaan masyarakat termasuk urusan kesehatan yang merupakan kegiatan pokok untuk melayani, melindungi, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 diamanatkan bahwa bidang kesehatan merupakan urusan pemerintahan yang dibagi bersama antar tingkatan atau susunan pemerintahan, yang disebut juga dengan urusan pemerintahan yang bersifat bersaing, yang diselenggarakan bersama oleh Pemerintah, Pemerintahan daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota. Kesehatan dijelaskan dalam UU Kesehatan No. 36 tahun 2009, tentang Kesehatan,dimana kesehatan itu merupakan keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Kendala yang ada di Jember soal masyarakat terhadap BPJS yaitu sebanyak 11 dari 49 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, belum siap melayani masyarakat yang menjadi peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan. Padahal, sesuai aturan penerapan BPJS sudah harus mulai diberlakukan 1 Januari 2014. Humas Dinkes Jember mengatakan bahwa sebanyak 11 puskesmas tersebut belum memenuhi syarat sebagai pelayan BPJS secara utuh karena tidak memiliki fasilitas rawat inap. Sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan, puskesmas harus memenuhi unsur minimal memiliki ruang rawat inap, sedangkan di Jember baru 38 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap dan sisanya 11 puskesmas masih belum. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif, sumber data adalah data primer dan data sekunder, teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah Kepala Bidang BPJS Jember Bapak Dody Widodo, Kepala Desa Padomasan Bapak Trimanto beserta staf Desa Padomasan, staf ahli BPJS kesehatan cabang Jember, dan masyarakat Desa Padomasan. Lokasi penelitian ini di Desa Padomasan, Jl. Jawa no. 55 Jember dan puskesmas di Desa Padomasan. Teknik analisa data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dapat diakses dengan 2 cara, yakni secara online dan dapat langsung mendatangi kantor BPJS Jember. Kartu Indonesia Sehat ( KIS ) adalah nama untuk program jaminan kesehatan SJSN ( JKN ) bagi penduduk Indonesia khususnya fakir miskin, dan warga yang tidak mampu. Hal ini juga memiliki dampak positif dan negative antara lain : Dampak positif yaitu masyarakat diberikan kesempatan untuk mendapatkan subsidi kesehatan, adanya kerjasama antara BPJS dan perusahaan dalam melakukan sosialisasi, selain itu mendapat dukungan dari sarana dan prasarana serta SDM untuk menyukseskan program Kartu BPJS. Adapun dampak negative yaitu penentuan jadwal sosialisasi, jarak demografi, peserta masih sulit menerima perubahan prosedur dari peserta PT Askes dan Jamsostek yang nantinya akan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sosialisasi yang dilakukan oleh pihak BPJS kepada masyarakat Desa Padomasan sudah terlaksana dengan baik. Namun terkadang masyarakat masih banyak yang kebingungan dengan banyaknya peraturan dan langkah-langkah prosedur pendaftaran yang sudah dijelaskan oleh pihak BPJS. Ini menandakan kurang telitinya pihak BPJS dalam penyampaian sosialisasi pada warga. Seharusnya pihak BPJS lebih teliti dan lebih jelas dalam sosialisasi program kartu kesehatan tersebut. Jika kartu BPJS sudah terlaksana dengan baik, akan berdampak baik juga pada kesehatan masyarakat khususnya Desa Padomasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:01
Last Modified: 30 Mar 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23489

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo