UMM Institutional Repository

HUBUNGAN VERBAL ABUSE DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI- TARBIYATUL ATHFAL AL-FATTAH GEMPOL, SUKUN MALANG

AINI, JANUR (2016) HUBUNGAN VERBAL ABUSE DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI- TARBIYATUL ATHFAL AL-FATTAH GEMPOL, SUKUN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-januraini2-42001-2-babi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-januraini2-42001-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Verbal abuse sering dilakukan oleh orang tua atau masyarakat dikarenakan sebagian besar masyarakat tidak mengetahui dampak atau permasalahan yang akan terjadi pada perilaku anak. Perilaku antisosial, menarik diri dari lingkungan, gangguan perkembangan dan perilaku agresif secara fisik dan verbal merupakan dampak yang ditimbulkan dari verbal abuse. Perilaku agresif merupakan bagian dari perkembangan anak usia prasekolah dan berkurang seiring dengan bertambahnya usia anak. Ketika anak terpapar verbal abuse, anak dapat menunjukkan perilaku agresif secara fisik maupun verbal yang akan terbawa sampai anak dewasa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan verbal abuse dengan perilaku agresif anak usia prasekolah. Metode : Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan desain penelitian Cross Sectional. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 26 – 31 Januari 2015 di TA Al-Fattah Gempol Sukun, Malang. Subyek penelitian adalah anak – anak usia prasekolah (2-6 tahun) diambil dengan metode total sampling dan analisis data dilakukan menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Berdasarkan hasil uji spearman rank, didapatkan hasil bahwa nilai r hitung sebesar 0.712 dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.005 , karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0.712 > 0.250), dengan demikian H1 diterima yang artinya terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan atau positif dan kuat antara variabel independen (verbal abuse) dengan variabel dependen (perilaku agresif). Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara verbal abuse dengan perilaku agresif, yang berarti bahwa semakin tinggi verbal abuse maka semakin tinggi perilaku agresif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:58
Last Modified: 30 Mar 2016 03:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo