UMM Institutional Repository

PROGRAM PENGEMBANGAN TRANSPORTASI LAUT (STUDI PENGEMBANGAN TRANSPORTASI LAUT ANTARA NAMLEA KAYELI KABUPATEN BURU PROVINSI MALUKU )

Maba, Anter (2015) PROGRAM PENGEMBANGAN TRANSPORTASI LAUT (STUDI PENGEMBANGAN TRANSPORTASI LAUT ANTARA NAMLEA KAYELI KABUPATEN BURU PROVINSI MALUKU ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-antermaba2-41904-1-pendahul-n.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-antermaba2-41904-2-babi.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Buru memiliki potensi perikanan, pertambangan, pertanian dan pariwisata yang sangat potensial. Namun potensi tersebut sampai saat ini belum dimanfaatkan disebabkan selain karena sumber daya manusia masing-masing bidang tersebut yang belum memadai dan dukungan infrastruktur yang sangat minim selain itu dengan belum adanya transportasi laut yang menghubungkan antar wilayah kecamatan di Kabupaten Buru makin menyulitkan aksesibilitas antar wilayah kecamatan tersebut, khususnya antara Kecamatan Namlea dan Kayeli, dengan minimnya aksesibilitas antar wilayah tersebut akan berdampak pada makin terisolasinya wilayah-wilayah pesisir Kabupaten Buru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif artinya dalam hal ini penulis mendeskripsikan (menggambarkan) secara detail, menguraikan dan juga menganalisis situasi, perilaku, dan juga cara pandang subyek tentang program pengembangan transportasi laut antara Namlea-Kayeli. Pengembagan wilayah dimaksudkan sebagai upaya untuk melaksanakan pembagunan keseluruh wilayah yang tersebar, sehingga terjadi pemerataan pembagunan, yang diharapkan dapat melakukan interaksi antar wilayah sebagai sasaran utama, sedangkan transportasi antar wilayah merupakan sarana yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa selama ini sistem pengembangan wilayah di Kabupaten buru masih diarahkan sesuai dengan hierarki jumlah penduduk, tanpa terlalu melirik pada potensi dan kegiatan ekonomi suatu wilayah. Karena konsentrasi pengembangan wilayah di Kabupaten Buru selama ini hanya berkutat pada lima Kecamatan saja yaitu: Namlea, Weapo, Air Buaya, Waplau dan Batabual akhirnya berakibat fatal terhadap lima kecamatan yang lain termasuk kayeli, dimana kapasitas ekonomi diwilayah tersebut tidak mampu mencapai taraf yang memungkinkan untuk melaksanakan pola pergerakan barang dan jasa antar satu kawasan dengan kawasan lainnya. Hal ini disebabkan masih rendahnya tingkat pelayanan infrastruktur dasar seperti pembangunan dermaga/pelabuhan sehingga berdampak pada lambatnya penyediaan tansportasi laut antara Namlea dan Kayeli selain itu juga berdampak pada terbatasnya kemampuan penduduk setempat dalam mengembangkan potensi sumberdaya yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:57
Last Modified: 12 Feb 2018 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23487

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo