UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP YANG SEHAT BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus Pengelolaan sampah di RW.03 Kelurahan Sukun Kota Malang)

RAHMAD, DIAN (2015) PENGEMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP YANG SEHAT BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus Pengelolaan sampah di RW.03 Kelurahan Sukun Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianrahmad-41905-1-pendahul-n.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianrahmad-41905-2-babi.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Pengembangan lingkungan yang sehat merupakan upaya sadar lingkungan yang mengajak masyarakat sekitar untuk mengelola lingkungan sendiri dalam Pengelolaan sampah, pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, masyarakat dilibatkan pada pengelolaan sampah dengan tujuan agar masyarakat menyadari bahwa permasalahan sampah merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat, sebagai salah satu upaya yang dapat mempengaruhi kualitas lingkungan yang mereka tinggali supaya tetap terjaga sehat dan kebersihannya. Dalam penelitian ini, penulis memilih metode deskriptif yaitu diartikan sebagai prosedur pemecahan ,masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjektif atau objektif peneliti (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta tampak atau sebagai mana mestinya). Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian, Pengembangan awal lingkungan hidup berbasis masyarakat di dari sebuah pelatihan ESP (LSM Lingkungan dan studi tur ke gundih disana 25 warga diajarkan pengelolaan sampah rumah tangga. Dari pelatihan LSM dan studi tur gundih memang yang paling rajin untuk mengajak warganya di RT 05 pak jainul, setelah ada pemilihan ketua RW yang baru, Pak jainul mulai menggerakan 1 RW untuk pengelolaa lingkungan, membentuk kader lingkungan untuk membatu tugasnya dan mengajak elemen ke RW’an yang ada di RW untuk sosialisasi kegiatan, dukungan masyarakat pertama memang sulit dan sempat diancam tapi pak jainul tidak menyerah untuk terus mengajak masyarakat, sekarang pengelolaan ini berhasil karena masyarakat sadar betul sampah berdampak mendatangkan berbagai kuman dan sumber penyakit, oleh sebab itu kepedulian dan kesadaran terhadap sampah juga harus ditumbuhkan agar lingkungan tetap sehat dan bersih. Kesimpulan, Kegiatan–kegiatan sudah berjalan baik dan lancar warga merasa nyaman, mengambil sampah menjadi sebuah budaya Di RW 03 memungut sampah mulai dari anak – anak sampai orang dewasa, untuk memungut sampah orang lain kita buang ke tempatnya sehingga kampung menjadi bersih dan sehat bebas dari sampah. Masyarakat sudah berprilaku hidup bersih dan sehat secara mandiri tanpa harus diperintah ataupun dipaksa lagi untuk membuang sampah pada tempatnya. Rekomendasi kepada pemerintah daerah agar memberi bantuan penunjang kegiatan pelestarian lingkungan, sehingga Kegiatan yang sudah ada dapat dipertahankan dan meningkatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:54
Last Modified: 30 Mar 2016 03:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo