UMM Institutional Repository

DINAMIKA POLITIK PEDESAAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA KEDUNGREJO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Fauzi, Awan Dwi (2016) DINAMIKA POLITIK PEDESAAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA KEDUNGREJO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-awandwifau-41906-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-awandwifau-41906-2-babi.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Lahirnya gerakan reformasi pada tahun 1998, membawa dampak yang sangat luas dalam tata kehidupan dan penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, maka berakhirlah penyelenggaraan pemerintahan desa yang didasarkan pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa. Pemilihan kepala desa merupakan pesta demokrasi, Dalam perkembangannya pemilihan kepala desa terutama di era reformasi lebih cenderung bersifat terbuka, Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu desa di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Salah satu tantangan yang perlu diteliti adalah bagaimana dinamika politik pedesaan dalam pemilihan kepala desa. Metodologi penelitian Ilmu Pemerintahan adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan dan dibuktikan suatu pengetahuan tertentu, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti ingin melihat secara langsung tanpa memberikan perlakuan berkaitan dengan dinamika politik pedesaan dalam pemilihan Kepala Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Hasil Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil observasi, dialog dan melihat secara langsung dengan objek penelitian yaitu dinamika politik pedesaan dalam pemilihan kepala Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 1) Proses Pemilihan dan Pemetaan Actor Pilkades Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk; 2) Hubungan Actor-Aktor Yang Terlibat Dalam Pilkades Kedungrejo Kecamatan Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Hubungan antar aktor yang terlibat dalam pemilihan Kepala Desa Kedungrejo adalah hubungan kekerabatan, dimana dalam hubungan tersebut dipengaruhi oleh faktor pertemanan, persaudaraan dan ketetanggaan. 2) Dinamika pemilihan Kepala Desa Kedungrejo ditinjau dari konflik dan kompetisi yang berlangsung selama pemilihan Kepala Desa Kedungrejo adalah kurang demokratis, karena hal tersebut terjadi ada indikasi money politics dan adanya penggunaan kekuatan-kekuatan lain yang sifatnya supranatural.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:51
Last Modified: 30 Mar 2016 03:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo