UMM Institutional Repository

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT TK.II dr.SOEPRAOEN KOTA MALANG

ROSYDELIA, WINDARI PUTRI (2015) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT TK.II dr.SOEPRAOEN KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepuasan pasien merupakan yang terpenting untuk memperkirakan keinginan dan harapan pasien agar pelayanan yang disediakan pada akhirnya meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian dan dapat memberikan kepuasan pada pasien. Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak diperlukan. Melalui pengukuran tersebut, dapat diketahui sejauh mana dimensi-dimensi mutu layanan kesehatan yang telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan pasien dan Untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tk.II dr.Soepraoen kota Malang. Penelitiaan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survei dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode porposive sampling, kemudian data diannalisa dengan metode Korelasi Spearmandengan menggunakan program Statistical Product For Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini dari 100 responden yang menilai Mutu pelayanankefarmasian sangat baik yaitu sebanyak 31 orang (31%), baik 69 orang (69%), dengan tingkat kepuasan sangat puas yaitu 30 orang (30%), puas 70 orang (70%). Adanya hubungan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien menggunakan korelasi spearman. Dengan nilai rshitung 0,646 lebih besar dari rstabel 0,199 dengan nilai (df = 98, α = 0,05). Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tk.II dr.Soepraoen kota Malang dan outcome kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian sebesar 76,99%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:47
Last Modified: 30 Mar 2016 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo