UMM Institutional Repository

ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN BERDASARKAN PENGGUNAAN KELAS RAWAT INAP DI RSUD NGUDI WALUYO WLINGI KABUPATEN BLITAR

WIDAYANI, NOVITA TRI (2016) ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN BERDASARKAN PENGGUNAAN KELAS RAWAT INAP DI RSUD NGUDI WALUYO WLINGI KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitatriw-42123-2-babi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitatriw-42123-1-pendahul-n.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Tuntutan masyarakat yang semakin meningkat membuat perawat mempunyai andil dan tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Pasien menuntut pelayanan keperawatan yang bermutu dan paripurna sehingga pasien yang puas terhadap pelayanan akan menceritakan kepada saudara, tetangga, teman dan kerabat lainnya sehingga kepercayaan untuk menggunakan jasa rumah sakit tersebut juga meningkat. Fenomena tuntutan masyarakat terhadap buruknya mutu pelayanan telah banyak diberitakan di media masa. Ruang-ruang perawatan di rumah sakit dikategorikan berdasarkan kemampuan membayar sehingga ketika masuk rumah sakit orang akan ketahuan status ekonominya, maka tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan perbedaan mutu pelayanan keperawatan berdasarkan penggunaan kelas rawat inap di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 Januari 2015 di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien dan keluarga yang menjalani rawat inap di ruang Dahlia I rawat inap kelas I dengan jumlah 8 responden, kelas II dengan jumlah 10 responden dan ruang Dahlia II rawat inap kelas III dengan jumlah 31 responden dan menggunakan metode cluster random sampling, analisa data yang digunakan dengan uji Kruskal Wallis Test. Hasil : Didapatkan hasil bahwa mutu pelayanan keperawatan pada kelas I berada pada kategori sedang dimana diperoleh nilai mean (81,25), mutu pelayanan pada kelas II berada pada kategori sedang dimana diperoleh nilai mean (77,80), mutu pelayanan pada kelas III berada pada kategori sedang dimana diperoleh nilai mean (68,13), terdapat perbedaan mutu pelayanan antara kelas I, II, dan III yang ditunjukkan dengan hasil uji statistik Kruskal Wallis dimana diperoleh nilai (p=0,001<0,05). Saran : Pimpinan rumah sakit perlu untuk melakukan evaluasi mutu secara berkala dan memberikan reward kepada ruang rawat inap yang memiliki mutu baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:32
Last Modified: 30 Mar 2016 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo