UMM Institutional Repository

STRATEGI PARTAI POLITIK DALAM PENDIDIKAN POLITIK (Studi di DPD PPP Kabupaten Malang)

Taufikurrohman, Ifan (2016) STRATEGI PARTAI POLITIK DALAM PENDIDIKAN POLITIK (Studi di DPD PPP Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ifantaufik-41910-1-pendahul-n.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ifantaufik-41910-2-babi.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Pendidikan politik di landasi oleh Undang-Undang No 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik pasal 11 huruf a,b,c,d, dan e. Serta pasal 31 ayat 1 Pendidikan Partai politik melakukan pendidikan politik bagi masyarakat sesuai dengan ruang lingkup tanggung jawabnya dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender dengan tujuan antara lain, a) meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, b) meningkatkan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, c) meningkatkan kemandirian, kedewasaan dan membangun karakter bangsa dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan politik dapat dipahami sebagai perbuatan memberi pelatihan, ajaran, serta bimbingan untuk mengembangkan kapasitas dan potensi diri manusia, melalui poses dialogic yang dilakukan dengan sukarela antara pemberi dan penerima pesan secara rutin, sehingga para penerima pesan dapat memiliki kesadaran berdem okrasi dalam kehidupan bernegara. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, artinya peneliti menggambarkan dan menganalisis data kualitatif tentang pendidikan politik. Subyek penelitian berdasarkan kepengurusan terkait dengan strategi DPD PPP Kabupaten Malang dalam pelaksanaan pendidikan politik, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa strategi DPD PPP Kabupaten Malang dalam memberikan pendidikan politik yaitu, pendidikan politik yang dilaksanakan khusus internal dan eksternal partai yaitu dengan cara dialog interaktif, turun kemasyarakat (reses) menyerap aspirasi masyarakat secara langsung, penguatan idiologi, pelatihan kader, pemyampaian program partai kerja dan kebijakan partai, sosialisasi politik, sosialisasi agenda pemilu. DPD PPP Kabupaten Malang dalam memberikan pendidikan politik tidak rutin dan kurang maksimal, karena pelaksanaan pendidikan politik hanya dilaksanakan hanya satu kali atau menjelang pemilu, selain itu karena anggota dewan dari partai persatuan pembangunan hanya memiliki 2 (dua) kursi sehingga reses yang dialakukan tidak dapat menyeluruh kemasyarakat. Selain itu juga anggaran untuk partai atau anggara untuk bantuan politik sangat minim, sehingga banyak program partai yang tidak bisa dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:36
Last Modified: 30 Mar 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo