UMM Institutional Repository

OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBUATAN SIM C di SATLANTAS KEPOLISIAN RESORT KOTA MALANG

VENDI, VENDI (2015) OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBUATAN SIM C di SATLANTAS KEPOLISIAN RESORT KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vikivendi2-39638-1-pendahul-n.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vikivendi2-39638-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik merupakan tindakan nyata yang memberikan pengaruh pada tindakan sosial. Dalam hal ini, pelayanan merupakan usaha yang mempertinggi kepuasan pelanggan yakni masyarakat Penelitian ini signifikan dilakukan, dikarenakan pelayanan publik merupakan unsur terpenting dalam tatakelola pemerintahan. Salah satu tugas pokok dari aparatur pemerintah adalah memberi pelayanan pada masyarakat secara efektif dan efisien. Salah satu pelayanan yang dibutuhkan masyarakat adalah pembuatan SIM C, karena SIM C merupakan surat kelengkapan yang harus dimiliki oleh masyarakat dalam mengendarai kendaraan roda dua. Yang menjadi fokus utama pada penelitian ini adalah bagaimana optimalisasi yang dilakukan oleh Kantor Unit SIM dalam proses pelayanan pembuatan SIM C dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembuatan SIM C. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan prima yang berhubungan dengan pelayanan publik, dimana dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah pelayanan yang maksimal. Tujuan pelayanan prima antara lain untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada masyarakat dan pelayanan prima memiliki fungsi yaitu melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat sehingga menciptakan rasa puas kepada pelanggan. Peneliti menggunakan jenis penelitian Deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan adanya penelitian tersebut maka dapat memberikan pemahaman dan pengertian secara mendalam terhadap kinerja pelayanan publik dalam proses pembuatan SIM C. Teknik pengambilan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selama ini dalam optimalisasi pelayanan pembuatan SIM C selalu mengalami peningkatan dan juga penurunan, ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari masyarakat bahwa pentingnya memiliki SIM C saat berkendara. Kemudian tingkat kepedulian masyarakat juga masih kurang, banyak masyarakat yang tidak mengurus SIM C yang sudah mati atau sudah lewat batas waktu yang sudah ditentukan. Kemudian dari kondisi sarana yang belum mencapai standar pelayanan, contohnya tempat ujian praktek kendaraan roda dua yang kurang luas. Petugas pelayanan SIM C juga harus mampu merespon kebutuhan atau keinginan masyarakat dengan memberikan informasi yang jelas dan dan menyediakan sistem pelayanan yang tepat. Sifat dan jenis masyarakat yang bervariasi membutuhkan strategi dan pelayanan yang berbeda dan hal ini harus diketahui oleh petugas pelayanan. Mengacu dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk seberapa besar optimalisasi pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan dalam proses pembuatan SIM C di Kantor Unit SIM Satlantas Kepolisian Resort Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan publik dalam proses pembuatan SIM C di Kantor Unit SIM sudah sesuai dengan prosedur pelayanan, hanya saja pelayanan yang diberikan membutuhkan waktu yang lama karena setiap harinya Kantor Unit SIM melayani kurang lebih 100 orang pemohon mulai dari pembuatan SIM C baru maupun untuk perpanjangan SIM C. Walaupun demikian proses layanan SIM C dapat terselesaikan dengan baik dengan keterampilan yang dimiliki oleh petugas pelayanan. Untuk mengantisipasi kendala dalam layanan SIM C petugas sudah diberi pelatihan dan bimbingan tentang bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kemudian dari segi fasilitas pelayanan sudah memenuhi standar, mulai dari penggunaan perangkat komputer, mobil SIM keliling, kendaraan roda dua untuk ujian praktek, dan fasilitas pendukung yang disediakan oleh petugas seperti papan informasi. Hanya saja sarana ujian praktek yang masih belum memenuhi standar, karena tempat ujian praktek yang digunakan peserta kurang luas dan dapat menyebabkan terganggunya ujian praktek. Seharusnya Kantor Unit SIM dapat meningkatkan sarana ujian praktek, karena sarana ujian praktek merupakan syarat yang penting untuk meningkatkan pelayanan dalam pembutan SIM C.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:49
Last Modified: 30 Mar 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo