UMM Institutional Repository

REVITALISASI TAMAN REKREASI KELUARGA KEBON ROJO DALAM MEWUJUDKAN GREEN CITY DI KOTA BLITAR (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup Kota Blitar)

DHETANINGRUM, OCTAVIA (2015) REVITALISASI TAMAN REKREASI KELUARGA KEBON ROJO DALAM MEWUJUDKAN GREEN CITY DI KOTA BLITAR (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup Kota Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-octaviadhe-40125-1-pendahul-n.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-octaviadhe-40125-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan salah satu kebijakan dan program pemerintah sebagai upaya pemerintah kota dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Kota Blitar, melalui Badan Lingkungan Hidup, melakukan revitalisasi Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo untuk mengurangi dampak dari degradasi lingkungan dan perubahahn iklim. Berdasarkan perumusan masalah dan tujuan penelitian yang menitik beratkan pada bagaimana revitalisasi Taman Rekreasi keluarga Kebon Rojo dan apasaja kendala dalam pelaksanaan revitalisasi Taman Rekreasi keluarga Kebon Rojo, maka jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu Badan Lingkungan Hidup Kota Blitar dan Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo. Sumber data yang digunakan yaitu : Informan dari Badan Lingkungan Hidup dan Bappeda Kota Blitar, dan sumber data berupa dokumen yang terkait dengan revitalisasi Taman Rekreasi Keluarga Keboin Rojo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini yaitu proses Revitalisasi Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo mencakup aspek : 1) Rehabilitasi aspek fisik melalui renovasi dan pengembangan sarana dan prasarana yang ada. 2) Rehabilitasi sektor ekonomi formal dilakukan dengan peningkatan fasilitas parkir dan informal dilakukan dengan penataan dan pengelolaan pedagang kakilima melalui asosiasi bentukan pedagang. 3) Revitalisasi institusional/sosial menempatkan BLH sebagai SKPD berwenang dalam pengelolaan Kebon Rojo dengan garis kewenangan pada sub bidang terkait. Kendala dalam Revitalisasi terkait dengan; 1) Belum ditetapkannya secara formal pengalihfungsian fasilitas parkir serta keberadaan asosiasi pedagang belum mendapat legalitas dalam struktur pengelola. 3) Peran masyarakat dalam Forum Komunitas Hijau belum maksimal karena pada dasarnya FKH adalah inisiatif pemerintah dan bukan inisiatif masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses revitalisasi Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu, dengan memperhatikan aspek fisik, ekonomi, dan institusi/sosial. Rekomendasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah: 1) Semua pihak ikut serta dalam memelihara dan merawat dengan baik bangunan maupun fasilitas serta ikut menjaga hewan-hewan dan tanaman yang ada pada Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo. 2) Menambahkan fasilitas yang ada pada Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo sehingga dapat memenuhi atribut green city. 3)Pemberian plakat tumbuhan dan hewan, penyediaan tempat sampah serta fasilitas outbond harus diperlengkap mengingat taman Taman Rekreasi Keluarga Kebon Rojo merupakan sarana bermain dan belajar untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:30
Last Modified: 30 Mar 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo