UMM Institutional Repository

Keterbukaan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Orang Tua Murid Penderita Autisme (Studi pada Guru dan Orang Tua Murid Sekolah Inklusi SMP Lab Malang)

Regaty, Carlina (2015) Keterbukaan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Orang Tua Murid Penderita Autisme (Studi pada Guru dan Orang Tua Murid Sekolah Inklusi SMP Lab Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-carlinareg-40956-1-pendahul-n.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-carlinareg-40956-2-babi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai keterbukaan komunikasi interpersonal yang dijalankan oleh guru dengan orang tua murid dalam menangani anak autisme. Dalam menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) salah satunya yaitu autisme, sangat dibutuhkan usaha khusus untuk dapat berkomunikasi maupun memberikan pengajaran kepada anak tersebut. Terdapat dua pihak yang dapat mempengaruhi proses perkembangan dari anak autisme, yaitu guru dan orang tua. Hubungan dan proses interaksi dari kedua belah pihak tersebut dapat mempengaruhi proses perkembangan anak. Bagaimana keterbukaan interpersonal yang baik yang dijalankan oleh guru dan orang tua murid penderita autisme adalah hal yang menarik untuk diteliti. Untuk memaksimalkan hasil penelitian ini maka peneliti menggunakan teori yang sesuai dengan masalah yang diteliti, yaitu teori self disclosure milik Johari Window. Teori ini menggambarkan terdapat empat jendela yang seolah – olah mewakili diri seseorang yaitu daerah terbuka, daerah buta, daerah tertutup dan daerah gelap. Penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Pembahasannya dianalisis melalui wawancara serta menggunakan interpretasi. Sedangkan untuk narasumber yang dipilih adalah koordinator siswa inklusi SMP Lab Malang, empat Guru Pendamping Khusus dan tiga orang tua murid SMP Lab Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterbukaan komunikasi interpersonal yang dijalankan oleh guru dan orang tua murid memang mengacu pada perspektif humanistik dan pragmatis dalam membina suatu hubungan untuk menangani anak penderita autisme. Guru dan orangtua sangat menekankan pada keterbukaan dan kerjasama yang efektif. Hubungan serta komunikasi yang dibina dan disampaikan tersebut dijalankan dengan selaras dan seimbang. Dalam penyetaraan pemahaman juga dilakukan sesuai apa yang dipahami oleh kedua belah pihak. Hambatan dalam proses komunikasi memang ditemui dalam prosesnya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, guru dan orang tua SMP Lab Malang menjunjung tinggi keterbukaan,kerjasama dan penyetaraan pemahaman untuk menghasilkan suatu hubungan yang baik guna untuk mencapai tujuan yang sama dalam menangani anak penderita autisme. Pihak guru dan orang tua dalam menghadapi hambatan juga sudah melaksanakan berbagai upaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 10:14
Last Modified: 29 Mar 2016 10:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo