UMM Institutional Repository

"Jaringan Komunikasi Pelaku Bisnis Online Shop Melalui Aktifitas Shoutout For Shoutout" (Studi deskriptif pada pelaku bisnis online shop dalam Grup SFS _85+ Diversity)

Arif, Dewi Masitha (2015) "Jaringan Komunikasi Pelaku Bisnis Online Shop Melalui Aktifitas Shoutout For Shoutout" (Studi deskriptif pada pelaku bisnis online shop dalam Grup SFS _85+ Diversity). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewimasith-41002-1-pendahul-y.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewimasith-41002-2-babi.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Maraknya spaming iklan online shop di instagram yang dilakukan oleh pelaku bisnis online shop menarik untuk diteliti. Spaming Shouout For Shoutout (SFS) membentuk jaringan komunikasi dan membuat hubungan dalam alur bisnis. Salah satu dari puluhan grup SFS yang aktif adalah _85+ Diversity. Peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana proses terbentuk dan jaringan komunikasi pelaku bisnis online shop melalui aktifitas SFS, khususnya dalam grup SFS _85+ Diversity. Penelitian ini menggunakan analisis jaringan, yaitu suatu metode penelitian yang bertolak dari model komunikasi konvergensi yang melandas pada Teori Jaringan. Bertujuan untuk mengetahui arus informasi terpolakan yang mengalir dalam individu-individu di sebuah sistem dengan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik snowball sampling. Kemudian data yang terkumpul berupa sosiogram dengan sajian data sosiometri yang disusun secara matrik. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa jaringan komunikasi terbentuk karena adanya keinginan para pelaku bisnis online shop mempunyai wadah untuk berkumpul dan melakukan aktifitas Shoutout For Shoutout. Dalam fokus "Open Slot SFS" terdapat tiga klik, dengan klik SFS 1 sebagai klik mayoritas dan untuk focus "ajakan SFS personal" terdapat dua klik dengan klik Personal 2 sebagai klik mayoritasnya. Terdapat beberapa peranan dalam jaringan komunikasi, seperti Valent sebagai Opinion Leader, Dedi sebagai Gate Keepers dan Vian sebagai Bridge.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 10:08
Last Modified: 13 Feb 2018 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo