UMM Institutional Repository

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT EDDY SENTOSA JAYA KARYA di Kabupaten Malang)

Anggraningtyas, Novita (2015) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT EDDY SENTOSA JAYA KARYA di Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitaangg-41015-1-pendahul-n.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitaangg-41015-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Dalam perusahaan sering timbul masalah kecil yang membuat karyawan kurang memiliki berdisiplin dalam bekerja. Tidak bisa dipungkiri ini terjadi karena kurangnya pengarahan dari pimpinan. Masalah tersebut timbul karena kurangnya komunikasi. Kurangnya intensitas komunikasi antara pimpinan dan karyawan berdampak pada kurang disiplinnya karyawan serta penyimpangan waktu saat jam bekerja dan pulang kerja. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan terhadap peningkatan disiplin kerjakaryawan, serta seberapa besar pesngaruhya. Penelitian ini dilakukan di PT Eddy Sentosa Jaya Karya yang terletak di Kab. Malang Dalam penelitian ini menggunakan landasan teori komunikasi yaitu berupa komunikasi interpersonal yang terdiri dari diadik dan triadik. Fokus penelitian ini terletak pada variabel komunikasi interpersonal pimpinan dan peningkatan disiplin kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu regresi linier. Berdasarkan hasil yang diperoleh, hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal pimpinan dengan peningkatan disiplin kerja karyawan. pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel 5% dan 1% ( 50.879 > 2,53 , 50.879 > 4,17 ). Besarnya presentase sumbangan data variabel X terhadap variabel Y dapat dilihat melalui koefisien determinasi antara 2 variabel tersebut sebesar 0.632 . Maka sisanya sebanyak 36,8 % ( didapat dari 100% - 63,2 %= 36,8 % ) dipengaruhi oleh fakor-faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil analisis, peneliti menyarankan PT Eddy Sentosa Jaya Karya, karena terdapat pengaruh yang signifikan, maka pimpinan perlu meningkatkan komunikasi interpersonal yang efektif terhadap seluruh karyawannya, danseluruh karyawan PT Eddy Sentosa Jaya Karya, sebaiknya perlu meningkatkan kualitas dalam meningkatkan disiplin kerja. Kesadaran karyawan untuk meningkatkan disiplin kerja juga sangat diperlukan guna tercapainya tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:44
Last Modified: 29 Mar 2016 09:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo