UMM Institutional Repository

UNSUR - UNSUR ETNISITAS DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi Film Merah Putih Karya Yadi Sugandi)

Herdianto, Dian Eko (2015) UNSUR - UNSUR ETNISITAS DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi Film Merah Putih Karya Yadi Sugandi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianekoher-41029-1-pendahul-n.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianekoher-41029-2-babi.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Film Merah Putih adalah salah satu film karya Yadi Sugandi yang melukiskan perjuangan pemuda Indonesia dalam upaya merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Berbagai konflik terjadi dalam film ini, salah satunya warga sebuah desa yang tidak mau dievakuasi oleh tentara Indonesia. Konflik tersebut menimbulkan aspek unsur etnisitas yang menjadi bagian dalam film ini. Dari film tersebut, peneliti tertarik mengetahui dan menguraikan unsur etnisitas yang terdapat di dalamnya. Dari latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah seberapa besar frekuensi dan presentase kemunculan unsur - unsur etnisitas dalam film Merah Putih ditinjau dari analisis isi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar frekuensi dan presentase kemunculan unsur - unsur etnisitas dalam film Merah Putih. Etnisitas didefinisikan sebagai sebuah isitilah yang digunakan untuk menyebut jenis - jenis manusia dipandang dari segi budaya, tradisi, bahasa, pola - pola sosial serta keturunan, dan bukan generalisasi ras yang didiskreditkan dengan pengandaiannya tentang umat manusia yang terbagi ke dalam jenis - jenis biologis yang ditentukan secara genetik. Etnisitas menunjuk pada kesatuan dan teritorial yang tersusun rapi dan definitif. Kelompok etnis dapat dibedakan menurut organisasi kekerabatan, budaya, bahasa, ekonomi, tradisi maupun pola hubungan antar kelompok etnis, termasuk dalam pertukaran jasa dan pelayanan (Iskandar, 2006 : 73). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. ruang lingkup penelitian dengan menganalisa semua scene yang terdapat pada film Merah Putih karya Yadi Sugandi yang berdurasi 108 menit. Unit Analisis dalam penelitian ini adalah masing-masing scene dalam film Merah Putih karya yadi Sugandi. Satuan ukur dari penelitian ini adalah frekuensi kemunculan unsur etnisitas yang terdapat dalam scene di film Merah Putih lewat dialog dan perilaku tokoh atau karakter dalam film yang mengandung unsur etnisitas. Sedangkan kategorisasi dalam penelitian ini terdiri dari kategori budaya, tradisi dan bahasa. Berdasarkan dari analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ditemukan unsur etnisitas sebanyak 16 scene atau 39,02% dari 41 scene pada Film Merah Putih. Dari 16 scene yang mengindikasikan adanya unsur etnisitas dalam film Merah Putih ditemukan 1 atau 2,44% scene dari kategorisasi budaya, 7 atau 17,07% scene dari kategorisasi tradisi dan 8 atau 19,51% scene dari kategorisasi bahasa. Dapat diintepretasikan bahwa pada film Merah Putih tidak sarat akan unsur etnisitas karena jika di presentasikan jumlah scene yang ditemukan kurang dari 50% dari jumlah keseluruhan scene 41.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:27
Last Modified: 15 Feb 2018 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23206

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo