UMM Institutional Repository

KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENURUT INTERAKSI SIMBOLIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa indekos Universitas Muhammadiyah Malang Dengan Orang Tua dan Lingkungan Sosial)

MUBAROK, HAIDAR (2015) KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENURUT INTERAKSI SIMBOLIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa indekos Universitas Muhammadiyah Malang Dengan Orang Tua dan Lingkungan Sosial). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haidarmuba-41030-1-pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haidarmuba-41030-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Salah satu penentu dalam keberhasilan pengembangan diri adalah dengan konsep diri. Untuk itu diperlukan komunikasi antarpribadi yang merupakan salah satu faktor yang menentukan konsep diri seseorang. Dalam komunikasi antarpribadi terdapat interaksi simbolik yang dapat mengajarkan interaksi di antara manusia. Untuk itu perlu adanya upaya meneliti konsep diri dalam komunikasi antarpribadi menurut interaksi simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Karakteristik mahasiswa indekos Universitas Muhammadiyah Malang (2) menjelaskan konsep diri dalam komunikasi antarpribadi menurut interaksi simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi indekos yang masih aktif kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang, minimal telah menempuh perkuliahan selama satu tahun. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh peneliti berasal dari subjek yang memiliki kriteria sesuai dengan yang ditetapkan peneliti. Hasil penelitian dari lima subjek yang di teliti memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena adanya perbedaan latar belakang keluarga, lingkungan, dan cara orangtua mendidik, yang membuat pribadi setiap subjek berbeda-beda. Dari lima subjek terdapat tiga subjek yang disimpulkan memiliki konsep diri dominan positif hal itu dipengaruhi oleh empat faktor yaitu orangtua, lingkungan, budaya dan evaluasi diri. Dalam penelitian ini, pembentukkan konsep diri terbentuk karena adanya interaksi individu dengan orang-orang disekitarnya, serta tidak terlepas dari struktur, peran, dan status sosial yang disandang seorang individu. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar orangtua dan anak yang tidak tinggal bersama karena anak menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang harus menjalin komunikasi dan saling terbuka sehingga tetap merasa dekat walaupun berada di tempat yang jauh berbeda tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:24
Last Modified: 29 Mar 2016 09:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23201

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo