UMM Institutional Repository

i RESEPSI REMAJA TERHADAP PESAN BAHAYA MEROKOK DI BUNGKUS ROKOK (Studi pada Remaja Perokok di Area Merokok Alun-Alun Kota Batu)

Fatihulhaqq, Asaduddin (2015) i RESEPSI REMAJA TERHADAP PESAN BAHAYA MEROKOK DI BUNGKUS ROKOK (Studi pada Remaja Perokok di Area Merokok Alun-Alun Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asaduddinf-41052-1-pendahul-..pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asaduddinf-41052-2-babi.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tanggal 24 Juni 2014 merupakan tanggal dimulainya pemberlakuan menampilkan gambar atau foto menyeramkan pada bungkus rokok. Dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengendalian Iklan Produk Tembakau. Dengan adanya Peraturan Pemerintah tentang peringatan bahaya merokok membunuhmu serta tampilan gambar-gambar seram akibat dampak negatif merokok yang ditampilkan pada bungkus rokok pasti akan muncul resepsi atau penerimaan yang berbeda-beda diantara masing-masing individu, khususnya perokok aktif. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana remaja perokok memaknai pesan bahaya merokok pada kemasan produk rokok. Teori S-O-R (Stimulus – Organism – Response) dipilih sebagai analisis dalam penelitian ini dikarenakan penerimaan khalayak (remaja perokok) terhadap pesan (peringatan bahaya merokok) melibatkan aspek-aspek psikis. Teori Kultivasi dipergunakan untuk menganalisis pemaknaan remaja perokok terhadap pesan bahaya merokok pada kemasan produk rokok. Teori Kultivasi dipergunakan untuk mengungkap nilai-nilai budaya yang berkaitan dengan pesan dan juga kebiasaan merokok. Sesuai dengan judul penelitian ini yang menggunakan studi resepsi, penelitian penerimaan khalayak pada pesan, maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Untuk penelitian lapangan menggunakan metode studi resepsi, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interview pada informan remaja perokok dengan menggunakan teknik accidental sampling /man-on-the street. Adapun pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, untuk analisis penelitian lapangannya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa temuan penelitian sebagai berikut : (1.) Terdapat kecenderungan penerimaan informan terhadap pesan peringatan bahaya merokok pada kemasan produk rokok yang dianggap menakut-nakuti berasal dari remaja perokok yang berusia relatif muda, sedangkan informan yang menerima pesan tersebut sebagai hal yang biasa saja, berasal dari remaja perokok berusia remaja akhir. (2.) Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa peringatan bahaya merokok pada kemasan produk rokok, tidak serta merta menghentikan kebiasaan merokok remaja. (3.) Remaja yang menjadi informan penelitian ini memiliki penerimaan yang berbeda-beda. Perbedaan penerimaan tersebut dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok, yaitu menerima pesan tersebut sebagai sesuatu yang menakut-nakuti dan menjijikan, menerima pesan tersebut sebagai bagian dari edukasi kesehatan dan menerima pesan tersebut sebagai sesuatu yang biasa saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:42
Last Modified: 29 Mar 2016 07:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23142

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo