UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MARKETING POLITIK JOKO WIDODO MELALUI IKLAN KOMERSIAL (Analisis Semiotika Pada Iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin Versi Kw2 dan Pemilu)

Cahyawati, Endah Kartika (2015) KONSTRUKSI MARKETING POLITIK JOKO WIDODO MELALUI IKLAN KOMERSIAL (Analisis Semiotika Pada Iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin Versi Kw2 dan Pemilu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endahkarti-41056-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-endahkarti-41056-2-bab1.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kreativitas pada pembuatan iklan di Indonesia, akhir-akhir ini banyak bermunculan iklan yang bertema politik. Tidak hanya iklan layanan masyarakat yang bertema politik namun beberapa iklan komersial juga mengangkat tema politik salah satunya iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin Versi Kw2 dan Pemilu. Iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin menjadi terkenal karena adanya sosok Joko Widodo yang dianggap mirip dengan sosok aslinya. Sosok Joko Widodo pada iklan ini ditandai dengan beberapa kemiripan seperti bahasa verbal yang ucapkannya dan non verbal seperti gesture tubuh, dan wardrobe. Bagaimana konstruksi pesan politik pada iklan komersial tersebut ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konstruksi pesan politik pada iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi Kw2 dan Pemilu. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Alex Sander Peirce sebagai dasar pemikirannya. Serta menggunakan kualitatif dengan tipe interpretative. Tahapan analisisnya adalah sebagai berikut : tahap pertama peneliti mengumpulkan data dilanjutkan dengan menentukan shot yang akan diteliti. Lalu tahap kedua setiap shot yang dipilih di analisis dengan tabel pemaknaan, tahap ketiga peneliti mengeidentifikasi tanda-tanda pada iklan dan mengkategorikannya menjadi tanda berjenis ikon, indeks, dan simbol, tahap keempat peneliti menginterpretasikan dan menganalisis satu persatu tanda yang telah diidentifikasi, tahap kelima peneliti memaknai konstruksi pesan politik pada iklan per shot berdasarkan hasil interpretasi tanda yang telah dipilih sebelumnya, tahap terakhir peneliti memaknai secara keseluruhan mengenai konstruksi pesan politik pada iklan berdasarkan hasil interpretasi tanda yang telah dipilih sebelumnya. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pada iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi kw2 dan pemilu ditunjukkan melalui kemiripan Joko Widodo yang dikonstruksikan melalui sosok Reza Srimulyadi. Penelitian ini menggunakan trikotomi ikon, indeks dan simbol. Dimana pada penelitian ini ditemukan 17 ikon pada iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi kw2 dan pemilu yang direpresentasikan melalui kemiripan wajah, pakaian yang dikenakan, dan setting tempat yang nampak kedua iklan. Lalu ditemukan juga 4 indeks pada iklan Bintang Toedje Masuk Angin versi kw2 dan 8 indeks pada iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi Pemilu tanda indeks ini digambaran melalui gesture tubuh dan ekspresi wajah yang diperlihatkan disetiap detail iklan. Yang terakhir terdapat 12 simbol pada iklan versi Kw2 dan 10 simbol pada versi pemilu, tanda simbol pada iklan ini digambarkan melalui bahasa verbal yang diucapkan Reza Srimulyadi untuk mempersuasi dan meyakinkan khalayak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi Kw2 dan Pemilu mengkonstruksi talent Joko Widodo pada iklan sebagai seorang pemimpin yang jujur, dan low profile. Seorang pemimpin yang jujur pada iklan ini digambarkan melalui sosok Joko Widodo yang menghimbau masyarakat agar tidak golput dan memilih calon dan wakil presiden yang dikehendakinya. Dan low profile di gambarkan melalui sosok Joko Widodo yang suka blusukan dan berkumpul dengan masyarakat ketika busukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:33
Last Modified: 29 Mar 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23134

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo