UMM Institutional Repository

"REPRESENTASI BUDAYA PATRIARKI DALAM IKLAN TELEVISI INDONESIA ( Analisis Semiotik pada Iklan Nissin Wafer Versi Bercanda Renyah-Iskandar dan Iklan Oreo Versi Bersama ) "

VASHTI, GIARANIA (2015) "REPRESENTASI BUDAYA PATRIARKI DALAM IKLAN TELEVISI INDONESIA ( Analisis Semiotik pada Iklan Nissin Wafer Versi Bercanda Renyah-Iskandar dan Iklan Oreo Versi Bersama ) ". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-giaraniava-41058-1-pendahul-n.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-giaraniava-41058-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang menarik perhatian peneliti dalam penelitian ini adalah mengenai keberadaan perempuan di media massa. Televisi merupakan salah satu media massa yang masih diminati sampai saat ini. Selain program acara yang mewarnai televisi, iklan juga merupakan salah satu aspek yang mewarnai televisi. Iklan televisi merupakan salah satu bentuk media promosi suatu produk bagi konsumen. Dalam iklan televisi, tidak jarang menampilkan realitas sosial yang terjadi pada suatu masyarakat. Demikian pula dengan keberadaan perempuan dalam iklan televisi. Citra perempuan yang ditampilkan bisa berupa citra yang baik atau yang mengesampingkan peran perempuan. Begitu pula dengan gambaran tentang laki-laki yang menguasai perempuan atau patriarki, juga kerap kali ditampilkan dalam iklan televisi. Di antaranya pada iklan Nissin wafer versi bercanda renyah-Iskandar dan iklan Oreo versi bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi budaya patriarki dalam iklan televisi di Indonesia, yaitu pada iklan Nissin Wafer versi bercanda renyah-Iskandar dan iklan Oreo versi bersama?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi budaya patriarki dalam kedua iklan tersebut. Manfaat penelitian ini secara akademis adalah untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi mengenai representasi budaya patriarki dalam iklan televisi dan tentang kajian semiotik, dan manfaat secara praktis adalah untuk masyarakat yang menyaksikan tayangan dalam media massa, untuk tidak mencerna mentah-mentah apa yang disajikan di dalam media massa. Praktek patriarki dalam kedua iklan tersebut mengarah pada teori sistem-ganda dalam patriarki. Teori sistem-ganda merupakan gabungan dari teori feminis Marxis dan feminis radikal, atau bisa juga disebut dengan struktur kapitalis patriarki. Pendekatan penelitian yang diguanakan adalah kualitatif, dengan tipe penelitian kualitatif interpretatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah shot dalam kedua iklan yang dianggap mewakili pemunculan budaya patriarki. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik semiotik Roland Barthes. Teknik semiotik Roland Barthes merupakan teknik semiotik dengan mengungkapkan tanda dalam dua tataran, denotasi dan konotasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti, adalah bahwa dalam kedua iklan tersebut mengandung budaya patriarki yang termasuk dalam praktek patriarki privat dimana seorang ayah/suami merupakan pihak yang menindas ataupun menguasai istri/ibu yang prakteknya terjadi dalam lingkup rumah tangga; adanya subordinasi dalam bidang pendidikan, dimana laki-laki digambarkan dengan pendidikan yang tinggi; peran seorang perempuan direpresentasikan sebagai peran domestik; superioritas laki-laki dalam keluarga, dimana seorang laki-laki sebagai ayah yang berkuasa dalam keluarga; dan pengenalan mengenai identitas maskulin dan feminim yang terjadi pada anak. Setelah mendapatkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada pemirsa televisi, khususnya bagi yang menyaksikan iklan televisi untuk tidak menerima mentah-mentah apa yang disajikan di dalam iklan, ada baiknya bagi pemirsa untuk menelaah apa yang disampaika dalam sebuah iklan. Dan untuk pihak pemroduksi iklan, ada baiknya untuk menampilkan peran perempuan yang sejajar dengan laki-laki, misalnya dengan menampilkan perempuan yang mandiri, atau dengan menampilkan laki-laki yang melakukan kegiatan rumah tangga, sehingga dalam sebuah keluarga akan tercipta keadaan yang harmonis dengan kerjasama antara suami dan istri, dan tidak ada praktek ketidakadilan gender dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:29
Last Modified: 21 Feb 2018 06:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo