UMM Institutional Repository

PERANCANGAN TURBIN AIR TIPE PROPELLER POROS HORIZONTAL DENGAN DEBIT 1.5 M3/SEC DI DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN

FITRIYADI, MUHAMMAD (2015) PERANCANGAN TURBIN AIR TIPE PROPELLER POROS HORIZONTAL DENGAN DEBIT 1.5 M3/SEC DI DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PLTMH merupakan pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan energi aliran air sebagai sumber energinya. Aliran air digunakan sebagai tenaga untuk menggerakkan turbin, mengubah energi potensial air menjadi tenaga mekanis. Tenaga mekanis tersebut dipakai untuk memutar turbin dan generator sehingga dihasilkan daya listrik. Potensi air di desa Panggungrejo kecamatan Kepanjen terutama di Sumber air kali sukun sangat memungkinkan di bangunnya PLTMH, menurut data dari IMIDAP tahun 2010 di tempat PLTMH berada memiliki Topografi yang berbukit, kontur permukaan yang landai dan kekerasan tanah sedang. Pada dasarnya di desa Panggungrejo sudah di bangun PLTMH dengan turbin tipe cross flow berkapasitas 2 x 50 KVA, tetapi PLTMH ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Atas dasar itu penulis bertujuan untuk melakukan perancangan turbin air tipe propeller poros horizontal dengan data yang di dapat. Metodologi perancangan turbin ini menggunakan beberapa cara yitu: (1) survey lokasi dan investigasi dengan cara melakukan pengamatan secara langsung dimana PLTMH berada. (2) metode pengumpulan data dengan cara melakukan interview, observasi, dan studi dukumentasi/arsip. (3) perencanaan dimensi turbin dengan cara melakukan perhitungan dimensi turbin. (4) Menggambar turbin dengan menggunakan software inventor profesisonal 2015. Dari perhitungan yang di lakukan maka di dapatkan gambar perancangan dari turbin propeller poros horizontal, dan juga dapat disimpulkan bahwa sumber air kalisukun pada desa Panggungrejo kecamatan kepanjen dapat dilakukan perancangan turbin air tipe propeller poros horizontal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (21201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:07
Last Modified: 29 Mar 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo