UMM Institutional Repository

Bidang Kontruksi DESAIN SUSPENSI INDEPENDENT TYPE WISBHONE PADA MOBIL LISTRIK SATU PENUMPANG

ROHMAN, MOH. MINANUR (2015) Bidang Kontruksi DESAIN SUSPENSI INDEPENDENT TYPE WISBHONE PADA MOBIL LISTRIK SATU PENUMPANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohminanur-40701-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohminanur-40701-2-babi.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Dalam industri otomtif, perancangan industry yang sebenarnya secara umum tergantung kepada kemampuan manufaktur, batasan waktu, serta batasan biaya yang dimiliki perusahaan. Untuk memenuhi dan mengembangkan sumber daya manusia dalam kebutuhan industri tersebut, maka pada tahun 2012 diadakan sebuah kompetisi bagi mahasiswa teknik untuk meranncang serta membuat kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dalam hal ini mobil listrik berperan penting dalam kompetisi tersebut selain ramah lingkungan juga mengurangi polusi yang ada dijalan raya.Untuk mendesain dan merancang mobil listrik perlu adanya kenyamanan dalam berkendara, salah satunya ialah sistem suspensi. Sistem suspensi merupakan bagian yang sangat berperan untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara, karena sistem ini adalah bagian yang menumpu atau menahan berat kendaraan (beban statis) dan juga menyerap beban dinamis yang terjadi secara tiba-tiba. Kebutuhan lain yang tidak kalah penting dari sistem suspensi adalah menstabilkan kendaraan untuk segala kondisi kendaraan, termasuk pada saat pembelokan, pengereman, jalan yang berlubang dan saat melaju dengan kecepatan tinggi.Perancangan ini bertujuan untuk mendapat kendaraan yang nyaman pada saat kendaraan berjalan, sehingga pada perancangan ini menggunakan sistem suspensi Type wishbone. Model type wishbone merupakan salah satu sistem suspensi bebas yang banyak digunakan pada kendaraan balap, sehingga dapat dicoba dan diaplikasikan pada mobil listrik, karena model wishbone dapat mengontrol sudut camber, ketinggian roll center, perubahan tapak ban yang terjadi, dan parameter-parameter lainnya lebih baik dari sistem suspensi yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (21201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Mar 2016 03:52
Last Modified: 29 Mar 2016 03:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo