UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHANKELAS VII SMP DIPONEGORO BATU

ANNAS, ARIFATUL (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHANKELAS VII SMP DIPONEGORO BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifatulan-42427-1-pendahul-n.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arifatulan-42427-2-babi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division).Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro Junrejo Batu bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan pada bilangan pecahan, penggunaan metode yang belum tepatpada pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Diponegoro Batu Junrejo 2014 /2015 sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat siswa Kelas VII SMP Diponegoro Batu. Adapun peningkatannyaadalah,dari 20 siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase 85%, sedangkan yang belum tuntas belajar sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%. Karena persentase ketuntasan belajar lebih dari 75% maka secara klasikal kelas VII dikatakan tuntas dalam pembelajaran matematika menggunakan metode STAD dengan nilai rata-rata klasikal 80,2%. Berdasarkan hasil di atas, terbukti bahwa metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningaktkan hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan bilangan pecahan.Dengan demikian, metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan hasilbelajar matematika pada materi operasi hitungan bilangan pecahan siswa Kelas VII SMP Diponegoro Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Mar 2016 02:47
Last Modified: 29 Mar 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo