UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE STAD PADA TOPIK TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 3 PLUMPANG

HAYATI, ELIS NUR (2015) PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE STAD PADA TOPIK TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 3 PLUMPANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elisnurhay-41779-2-babi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elisnurhay-41779-1-pendahul-n.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, sehingga hasil belajar siswa menurun dan respon siswa masih kurang terhadap pembelajan matematika. Mengingat begitu pentingnya matematika, maka guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang tepat dan susuai dengan kemampuan intelektual siswa, agar siswa terbiasa menemukan, mencari dan mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran dimana pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika.Metode penemuan terbimbing merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk penanaman konsep matematika kepada siswa. Metode penemuan terbimbing dipandang lebih tepat jika digunakan dengan setting kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan settingkooperatif tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitianya adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-19 Mei 2015. Berdasarkan hasil analisis didapat bahwa Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan setting kooperatif tipe STAD di kelas VIII A SMPN 3 Plumpang pada materi Teorema Pythagoras adalah positif. Kendala-kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran berasal dari faktor eksternal, dan faktor internal. Kendala eksternal adalah guru kurang kreatif dalam membuat LKS, bahasa LKS sulit dimengerti oleh siswa, sehingga siswa kesulitan menemukan konsep yang ada di LKS, dan kendala internalnya adalah tingkat intelektualitas. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah proses pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan setting kooperatif tipe STAD di kelas VIII A SMPN 3 Plumpang termasuk dalam kategori tuntas. Dengan persentase 75% dari semua siswa yang mencapai ketuntasan individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 02:11
Last Modified: 29 Mar 2016 02:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo