UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI STATISTIKA

KHURAINI, IIN (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI STATISTIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iinkhurain-41782-2-babi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iinkhurain-41782-1-pendahul-n.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD pada materi statistika, (2) motivasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD pada materi statistika, (3) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD. Sumber data adalah siswa kelas VIIA SMP ‘Aisiyah Muhammadiyah 3 Malang dan guru. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengisian angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan pengerjaan tes tertulis untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan sintak yang telah dirancang, dengan nilai rata-rata akivitas guru dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kategori baik, (2) motivasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD selalu mengalami peningkatan pada setiap indikatornya dengan kategori sangat baik, (3) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran STAD masuk dalam kategori sangat baik, pada langkah memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana berkategori sangat baik, dan pada langkah memeriksa kembali berkategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 02:05
Last Modified: 29 Mar 2016 02:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo