UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERKELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SHALAHUDDIN MALANG

ANGGRAENI, NANDYA (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERKELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SHALAHUDDIN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nandyaangg-41784-2-babi.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nandyaangg-41784-1-pendahul-n.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan metode inkuiri terbimbing berkelompok pada pembelajaran matematika, (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing berkelompok, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing berkelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Shalahuddin Malang pada tanggal 25 sampai 29 Mei 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 29 siswa. Data yang diambil adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil tes akhir siswa dan hasil angket respon siswa. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B dan peneliti. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal tes akhir, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri terbimbing berkelompok berlangsung dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran. Rata-rata keseluruhan aktivitas guru mencapai 3,10 yang tergolong pada kriteria baik. Sedangkan rata-rata keseluruhan aktivitas siswa mencapai 2,82 yang juga tergolong pada kriteria baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode inkuiri terbimbing berkelompok mencapai ketuntasan secara klasikal 81,48% dan sudah memenuhi standart nasional ketuntasan klasikal yaitu 75%. Pembelajaran dapat dikatakan mendapatkan respon positif dari siswa karena hasil respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing berkelompok telah mencapai rata-rata 3,37 dan tergolong pada kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 02:01
Last Modified: 29 Mar 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo