UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP SHALAHUDDIN MALANG

Diansari, Pregil (2015) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP SHALAHUDDIN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pregildian-41785-2-babi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pregildian-41785-1-pendahul-n.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan bahwa siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Maka dari itu perlu adanya cara yang digunakan untuk membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang akan membuat siswa aktif karena metode ini juga bersifat permainan yaitu pengkolaborasian antara metode pembelajaran Make A Match dengan pendekatan Scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode make a match dengan pendekatan scientific pada pembelajaran matematika, (2) aktivitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan metode make a match dengan pendekatan scientific, (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan metode make a match dengan pendekatan scientific. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Shalahuddin Malang mulai tanggal 25 s/d 29 Mei 2015, dengan subyek yaitu kelas VIII-D yang berjumlah 31 siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, pengerjaan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan sumber data adalah siswa kelas VIII-D dan peneliti. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes evaluasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode make a match dengan pendekatan scientific pada pembelajaran matematika secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik sesuai sintak yang telah dirancang, dengan rincian yaitu kegiatan awal atau apersepsi, kegiatan inti atau penerapan metode make a match dengan pendekatan scientific, dan penutup atau refleksi pada setiap pertemuannya, (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode make a match dengan pendekatan scientific termasuk dalam kategori baik, dengan rincian aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan yang berkategori sama yaitu baik, (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan metode make a match dengan pendekatan scientific secara klasikal dikatakan tuntas sesuai standar ketuntasan SMP Shalahuddin Malang, dikarenakan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar lebih dari standar ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:58
Last Modified: 29 Mar 2016 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/23001

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo