UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN A.L.I.C.E SEBAGAI CHATBOT PAKAR JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN SUPERVISE (DIRECT TEACHING) DAN UNSUPERVICE LEARNING (SUMMARY BASE KNOWLADGE MENGGUNAKAN METODE TF-IDF)

Vrizilia, Arindra (2016) PENGEMBANGAN A.L.I.C.E SEBAGAI CHATBOT PAKAR JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN SUPERVISE (DIRECT TEACHING) DAN UNSUPERVICE LEARNING (SUMMARY BASE KNOWLADGE MENGGUNAKAN METODE TF-IDF). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arindravri-42205-1-pendahul-n.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arindravri-42205-2-babi.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini informasi merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, sehingga manusia berupaya membuat alat bantu agar informasi yang disampaikan dapat lebih cepat dan efektif. Penyampaian informasi melalui layanan operator service dengan aplikasi chatting umumnya dilakukan oleh dua individu yaitu pengunjung web dan operator, akan tetapi hanya melalui kerja operator service penyampaian informasi dirasa kurang efektif bagi pengunjung yang ingin mendapatkan informasi yang cepat tanpa keterbatasan waktu. Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan atau visual. A.L.I.C.E (Artificial Linguistic Internet Computer Entity) merupakan chatbot yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Salah satu dari artificial intelegence (AI) adalah Natural Language Processing (NLP) yang berhubungan dengan pemrosesan bahasa alami yang bertujuan melakukan proses pembuatan model komputasi dari bahasa, sehingga dapat terjadi suatu interaksi antara manusia dengan computer. Pada sistem ini, A.L.I.C.E dikembangkan sebagai chatbot pakar jaringan yang menggunakan dua metode pembelajaran yaitu, supervised dan unsupervised learning sehingga ketika category tidak ditemukan pada knowledge base, sistem akan melakukan crawling untuk mengambil data pada Webopedia dan Computer Hope untuk kemudian di seleksi menggunakan TF IDF untuk memilih dokumen mana yang memiliki konteks paling relevan. Setelah proses seleksi maka sistem akan melakukan proses seleksi kedua untuk melakukan summarize atau melakukan resum pada dokumen yang telah dipilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:47
Last Modified: 29 Mar 2016 01:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo