UMM Institutional Repository

ANALISIS ASUMSI ALGORITMA FLOYD WARSHALL PADA GRAF BERARAH

FEBRIANSYAH, OKTA (2015) ANALISIS ASUMSI ALGORITMA FLOYD WARSHALL PADA GRAF BERARAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktafebria-41833-2-bab_1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktafebria-41833-1-pendahul-n.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Masalah jalur terpendek merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul dalam teori graf. Untuk menentukan jalur terpendek dari suatu graf banyak sekali cara yang dapat digunakan, yang salah satunya adalah dengan menggunakan algoritma Floyd Warshall. Algoritma Floyd warshall merupakan salah satu algoritma yang memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah jalur terpendek dari suatu graf. Namun tidak semua graf dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma tersebut. Ada beberapa asumsi yang harus terpenuhi jika ingin menyelesaikan masalah jalur terpendek dari suatu graf dengan menggunakan algoritma Floyd Warshall, asumsi tersebut adalah: (1) Algoritma Floyd Warshall hanya dapat menyelesaikan masalah jarak terpendek dari suatu graf yang memiliki satu arah (tidak memiliki dua arah dalam satu garisnya); dan (2) Algoritma Floyd Warshall akan lebih efektif dan efisien jika digunakan untuk suatu graf dengan jumlah titik (vertex) yang kecil. Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa algoritma Floyd Warshall tidak menghasilkan slolusi yang benar ketika digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan jalur terpendek pada suatu graf yang memiliki arah ganda pada setiap sisinya, serta algoritma Floyd Warshall akan lebih efektif dan efisien apabila digunakan untuk menyelesaikan masalah jalur terpendek pada suatu graf apabila memiliki jumlah titik/vertex yang kecil, dikarenakan jumlah iterasi yang dibutuhkan dalam prosesnya adalah jumlah titik/vertex dipangkatkan 3 (V3). Apabila kedua asumsi tersebut dilanggar, maka akan menghasilkan solusi yang tidak tepat, serta akan menjadikan algoritma tersebut menjadi suatu algoritma yang tidak efektif dan efisien dalam proses pengerjaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:41
Last Modified: 29 Mar 2016 01:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22986

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo