UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU-MALANG

HIDAYAT, RIYAN (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU-MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riyanhiday-41834-6-babi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riyanhiday-41834-7-pendahul-n.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan didominasi oleh guru dapat menjadi penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dan memahami suatu permasalahan matematika. Hal ini menyebabkan siswa selalu bersikap dan bertindak pasif dalam pembelajaran. Apabila siswa belajar secara aktif maka dapat menumbuhkan kemampuan berpikir pada diri siswa itu sendiri, siswa mampu bekerja secara individu serta saling bekerja sama dalam kelompok. Hal ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan penemuan dan menarik kesimpulan. Untuk itu, dibutuhkan strategi yang bervariasi untuk mengoptimalkan siswa dalam pembelajaran. Strategi tersebut dapat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 08-15 Mei 2015 ini memilih kelas VIII-B sebanyak 30 siswa di SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode penemuan terbimbing secara keseluruhan tergolong baik dengan rata-rata 70,38%. Sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh setelah dilaksanakan pembelajaran sudah melebihi standar ketuntasan klasikal yang sudah ditetapkan di SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang. Hal itu diperkuat dengan banyaknya siswa yang tuntas belajar secara klasikal mencapai 76,67%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:39
Last Modified: 29 Mar 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22984

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo