UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI STATISTIKA KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

KURNIAWAN, ROMADHONI MUCHLIS (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI STATISTIKA KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-romadhonim-41835-6-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-romadhonim-41835-8-pendahul-n.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Kelebihan dalam mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. Oleh karena itu, kelemahan diatas ini dapat diminimalkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tipe jigsaw dinilai menarik bagi siswa dan dapat mengaktifkan siswa secara merata karena semua siswa terlibat langsung dalam diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar kognitif siswa dan aktifitas belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 22 siswa dan obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil data yang diperoleh berupa hasil observasi dan hasil pengerjaan tes yang kemudian dianalisis. Ada 2 lembar observasi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keterlaksanaan model dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dan untuk hasil belajar yang dipakai adalah hasil tes soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi keterlaksanaan model mencapai prosentase sebesar 82,87 % dan dikategorikan baik. Hasil pada observasi aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 4 jenis aktifitas mendapatkan skor rata-rata prosentase sebesar 77,40% dan dikategorikan baik. Sedangkan pada hasil belajar setelah diadakannya tes evaluasi mencapai ketuntasan belajar sebesar 81% dan dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:37
Last Modified: 29 Mar 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo