UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) DENGAN TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AR- ROHMAH PUTRI “BOARDING SCHOOL” DAU MALANG

PERDANAWATI, SUSTRIKA (2015) PENERAPAN METODE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) DENGAN TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AR- ROHMAH PUTRI “BOARDING SCHOOL” DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sustrikape-41838-6-babi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sustrikape-41838-7-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing, (2) Aktivitas guru dansiswaselamapembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing, (3) Hasil pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-FSMP Ar-Rohmah Putri “ Boarding School” Dau Malang dan data dari penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar. Data-data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi) aktivitas individu siswa dan guru serta tes tertulis, untuk mengetahui aktivitas individu siswa dan guru serta hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing sudah sesuai dengan sintaks yang direncanakan (2) siswaselamapembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing berada pada kategori sangat baik sebesar 87,30%, dan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik sebesar 89,57% (3) Persentase belajar siswa mencapai ketuntasan belajar minimal sebesar 81,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:32
Last Modified: 29 Mar 2016 01:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22978

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo