UMM Institutional Repository

Analisis Pembelajaran Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 6 di SDLB Putra Jaya Malang

El Maylia, Izza (2015) Analisis Pembelajaran Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 6 di SDLB Putra Jaya Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-izzaelmayl-41841-2-babi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-izzaelmayl-41841-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada kenyataanya bahwa pelaksanaan pembelajaran untuk siswa trunagrahita di SDLB Putra Jaya Malang ini sudah terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran ini guru melakukan beberapa tahap, yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa tunagrahita di SDLB Putra Jaya Malang, serta mendiskripsikan metode dan media yang digunakan oleh guru pada saat pelaksanaan pembelajaran dikelas, 2) menganalisis kendala yang dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung dan 3) mendeskripsikan upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, redukasi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 februari- 4 maret yang berlokasi di SDLB Putra Jaya Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Metode dan media yang digunakan sudah sesuai dengan materi yang diajarkan. 2) kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran matematika di SDLB Putra Jaya Malang meliputi Semangat belajar , mood dan daya ingat, 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala adalah dengan memotivasi anak atau memperbolehkan anak yang selesai mengerjakan tugas bermain, bimbingan yang intensif memberikan motivasi, mengajak rekreasi atau jalan-jalan melakukan penyesuaian dengan anak, dan melakukan pengulangan terhadap materi yang telah di ajarkan Saran dalam penelitian ini sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran tidak hanya berupa gambar, akan tetapi sebaiknya guru menggunakan benda nyata untuk lebih memperjelas siswanya dalam memahami dan guru harus bisa lebih sabar dalam mengajari siswanya karena pemberian motivasi dan kesabaran guru sangat dibutuhkan dalam memberikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:22
Last Modified: 29 Mar 2016 01:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo