UMM Institutional Repository

RASPBERRY PI SEBAGAI CONTROLLER PADA UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV)

SOPLESTUNY, FAUZI KURNIAWAN (2016) RASPBERRY PI SEBAGAI CONTROLLER PADA UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fauzikurni-42615-1-pendahul-n.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fauzikurni-42615-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Unmanned Ground Vehicle (UGV) telah menarik banyak perhatian warga sipil, karena keunggulan mesin ini yang dapat berfungsi dengan menggunakan remote yang dikendalikan oleh navigator atau pilot. Kelebihan dari UGV mini yaitu memiliki ukuran yang relatif kecil dan ringan, serta mudah dioperasikan dan dikendalikan oleh satu atau dua orang. Berbicara mengenai UGV tentu tak lepas dari peran mikrokontroller yang berfungsi sebagai processing unit. Semua instruksi akan diolah melalui hardware ini sehingga gerak dari UGV dapat di kontrol oleh pilot. Tetapi disisi lain terbatasnya fungsi dari mikrokontroller juga akan membatasi kemampuan dari UGV tersebut, terbatasnya I/O sebagai contoh. Lain halnya bila menggunakan mikrokomputer. Raspberry Pi merupakan teknologi mikrokomputer yang dikembangkan oleh sebuah yayasan yang bernama Raspberry Pi Foundation di Inggris. Fitur yang ditawarkan layaknya sebuah PC, dimana mikrokomputer ini memiliki I/O, CPU, USB Port, Ethernet Port, dan Operating System. Salah satu fitur yang sangat mendukung kerja UGV sebagai robot eksplorasi adalah live streaming. Dimana dengan fitur ini maka sang pilot dapat melihat langsung secara real time keadaan di lapangan. Untuk memenuhi kebutuhan fungsional ini, penerapan jaringan P2P (peer to peer) menjadi solusi untuk optimasi live streaming secara real time dengan kualitas gambar yang jernih dan tanpa menggunakan perangkat tambahan. UGV berbasis Raspberry Pi dikembangkan dengan memanfaatkan kelebihan dari sebuah computer dalam hal kecepatan proses, maupun kemudahan plug and play akan sangat mendukung kemampuan UGV dalam beroperasi. Berdasarkan hasil pengujian prototype ini mampu beroperasi lebih dari 30 menit. Daya jangkau pada ruangan terbuka mencapai diatas 10m dengan video streaming realtime tanpa lag. Sedangkan pada ruangan tertutup daya jangkau mencapai maksimal 7m, dengan video streaming lag 1-2sec. Maksimal daya jangkau pada ruangan tertutup dengan video streaming realtime adalah dibawah 5m. Hal ini diakibatkan karena terbatasnya jangkauan dari model jaringan peer to peer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 12:09
Last Modified: 28 Mar 2016 12:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo