UMM Institutional Repository

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN TEBU DAN CARA PENCEGAHAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

INDIRASARI, GRISCELA DIANI (2016) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN TEBU DAN CARA PENCEGAHAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grisceladi-42616-1-pendahul-n.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grisceladi-42616-2-babi.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan gula diindonesia mengalami kenaikan permintaan oleh konsumen. Apalagi harga gula semakin mahal. Gula yang merupakan hasil kristalilsasi dari tanaman tebu merupakan bahan baku pembuatan gula. Namun saat ini, produksi tanaman tebu mengalami penurunan kualitas yang diakibatkan oleh adanya serangan penyakit dan terbatasnya pakar penyakit tebu pada tanaman tebu. Akibat keterbatasan pakar tanaman tebu maka pada penelitian ini dibuat sistem untuk mempermudah para petani untuk menanggulagi serangan penyakit pada tanaman tebu. Perkembangan teknologi sekarang sangat pesat apalagi banyak teknologi canggih yang di buat salah satunya sistem pakar yang mengadopsi pemikiran pakar menjadi program yang dilakukan oleh komputer untuk mempermudah dalam melakukan diagnosa penyakit terhadap tanaman tebu tanpa harus pergi ke pakar penyakit tebu. Pada sistem pakar dapat mempercepat diagnosa suatu jenis penyakit yang menyerang tanaman tebu, sehingga mudah diketahui jenis penyakit yang menyerang tanaman tebu. Apalagi sistem pakar juga bisa mengalami kesalahan dalam mendiagnosa maka dari itu sistem pakar ini menggunakan metode certainty factor untuk dapat mendiagnosa dengan baik. .Penggunaan metode certainty factor pada sistem pakar ini dapat mengatasi masalah untuk memberi nilai kepastian pada diagnosa penyakit tanaman tebu. Sehingga diharapkan sistem pakar ini menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah yang sering dialami oleh pakar penyakit tebu. Pengujian yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dari sistem dan pakar yang menggunakan 20 sampel untuk menguji sistem ini. Berdasarkan data yang sudah di uji, tingkat akurasi pada sistem pakar diagnosa penyakit tanaman menggunakan metode certainty factor mencapai 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang dibangun menggunakan metode certainty factor dapat berfungsi dengan baik sesuai diagnosa pakar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 12:08
Last Modified: 28 Mar 2016 12:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo