UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA BERSERTIFIKASI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-KOTA MALANG

FATIMAH, KIKI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA BERSERTIFIKASI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikifatima-39641-1-pendahul-n.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikifatima-39641-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Nilai hasil belajar matematika siswa SMP kota Malang yang ditunjukkan dengan hasil ujian nasional tahun 2013 masih berada dibawah dari mata pelajaran lainnya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh siswa itu sendiri maupun dari guru karena peran guru sangat berpengaruh terlebih lagi dengan hadirnya guru bersertifikasi yang seharusnya dapat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran. Namun masalah kompetensi dan masalah mengajar masih membelenggu. Padahal guru bersertifikasi seharusnya telah teruji kompetensi pedagogiknya termasuk dalam memanfaatkan media pembelajaran karena dengan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami konsep terlebih yang bersifat abstrak yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui kemampuan guru matematika bersertifikasi dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 01 Malang, SMP Negeri 03 Malang dan SMP Negeri 05 Malang pada tanggal 15 Januari 2015 sampai 20 Februari 2015 pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan teknik kuantitatif dan kualitatif yang kemudian diolah dengan rumus dan dikategorikan serta dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru matematika bersertifikasi dalam memilih media pembelajaran secara keseluruhan berkategori baik. Dimana dalam memilih media pembelajaran menyesuiakan dengan tujuan pembelajaran, dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, dengan pengelompokan sasaran serta biaya. Kemampuan guru matematika bersertifikasi dalam menggunakan media pembelajaran secara keseluruhan berkategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi dan perhatian serta konsentrasi siswa tertuju pada pembelajaran. Guru tersebut juga terampil dan menguasai dalam menggunakan media pembelajaran. Faktor yang mendukung guru matematika bersertifikasi dalam menggunakan media pembelajaran antara lain adanya kesesuian antara media dengan materi, mendapat pengarahan dari kepala sekolah/pihak lain. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain banyaknya tugas-tugas lain, keterbatasan anggaran, tidak ada pengelola khusus, kemudian keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan media yang canggih serta tidak mempunyai banyak waktu luang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 12:05
Last Modified: 28 Mar 2016 12:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo