UMM Institutional Repository

SISTEM PENJADWALAN BACKUP DATA PADA CLOUD SERVER MENGGUNAKAN CLUSTER SERVER

Rizal, Mohamad Fathur (2016) SISTEM PENJADWALAN BACKUP DATA PADA CLOUD SERVER MENGGUNAKAN CLUSTER SERVER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadfat-42622-1-pendahul-n.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadfat-42622-2-babi.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan jaringan telekomunikasi yang pesat menyebabkan perubahan metode penyimpanan data. Data yang sebelumnya disimpan didalam perangkat keras seperti hardisk kini dapat disimpan di dalam sebuah cloud. Cloud merupakan teknologi informasi yang mengembangkan fungsi penyimpanan data secara terpusat dalam sebuah server. Dengan penggabungan FTP kita dapat memberi perlindungan terhadap transaksi data dan proses transfer yang sedang berjalan. Efisiensi backup data juga diperlukan untuk menghemat semua daya maupun waktu dalam menggunakan jaringan. Kini ada suatu system baru yang sedang berkembang yang diberi nama rsync. Rsync adalah tool untuk transfer dan sinkronisasi file atau tree (struktur direktori dan file), baik transfer lokal (di sistem yang sama) maupun remote (jaringan/internet). Rsync merupakan tools kecil yang powerful karena bisa bertindak sebagai server sekaligus sebagai klien. Dengan kata lain, perangkat komputer ini memiliki tugas memanajemen proses backup data dalam jaringan menuju sebuah komputer yang berperan sebagai server. Proses yang dilakukan adalah dengan cara sinkronisasi data secara rutin ke client menuju server. Dengan metode ini, server akan secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap data share yang ada pada client untuk dibackup secara berkala. Dengan menggunakan kombinasi aplikasi atau tools crontab dan heartbeat untuk autobackup dengan server cluster sebagai implementasi proses penjadwalan backup data, dari hasil seluruh pengujian terlihat bahwa system autobackup pada owncloud ini sangat memudahkan admin server untuk melakukan pembackupan data-data yang berada di server cloud.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 11:57
Last Modified: 28 Mar 2016 11:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo