UMM Institutional Repository

LKS MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MIND MAPPING PADA MATERI PELUANG

ADIBAH, YUSI ROYHANA (2015) LKS MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MIND MAPPING PADA MATERI PELUANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusiroyhan-39645-1-pendahul-n.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusiroyhan-39645-2-babi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menyusun produk LKS yang berkualitas dengan metode Discovery Learning dan Mind Mapping pada materi peluang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2013). Adapun tahap-tahap pengembangan LKS yaitu: (1) Mengumpulkan informasi untuk melihat potensi dan masalah dengan dilakukan analisis karakteristik siswa dilihat dari kemampuan latar belakang pengetahuan siswa, (2) Desain produk merupakan rancangan untuk pengembangan LKS, (3) Validasi Desain dengan cara memberikan LKS yang dikembangkan kepada beberapa pakar (validator), (4) Revisi produk mengurangi kelemahan LKS, (5) Ujicoba Skala Kecil yang berisi Uji keterbacaan dan ujicoba pada 6 siswa, (6) Revisi Produk, (7) Ujicoba Skala Besar dilakukan pada kelompok yang terbatas, yaitu pada siswa satu kelas. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah LKS matematika dengan metode discovery learning dan mind mapping pada materi peluang yang telah divalidasi oleh para validator dengan hasil kevalidan LKS didapatkan kategori dari keseluruhan aspek yakni dinyatakan “valid”. Kemudian di ujicobakan kepada siswa sebanyak dua kali yakni ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Pada ujicoba skala kecil sebanyak 6 siswa untuk hasil kepraktisan yang terdiri dari angket respon siswa dan keterlaksanaan LKS didapatkan kategori “sangat praktis” dengan catatan LKS direvisi berdasarkan uji keterbacaan siswa. Hasil tingkat keefektifan dari LKS tersebut didapatkan dari banyaknya siswa yang tuntas belajar dan dinyatakan “efektif”. Berdasarkan ujicoba skala besar siswa satu kelas, untuk hasil kepraktisan yang terdiri dari respon siswa yang dan keterlaksanaan LKS dinyatakan “sangat praktis”. Kemudian hasil analisis keefektifan LKS diperoleh dari banyaknya siswa yang tuntas belajar dinyatakan “sangat efektif”. Berdasarkan proses pengembangan LKS dan beberapa kriteria dari penilaian kualitas produk, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk LKS dengan metode discovery learning dan mind mapping pada materi peluang yang dihasilkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 11:56
Last Modified: 28 Mar 2016 11:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22940

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo