UMM Institutional Repository

ANALISIS MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PENGAKUISISI SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI

Wibowo, Tyasshela Sani (2015) ANALISIS MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PENGAKUISISI SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyasshelas-41687-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyasshelas-41687-2-bab1.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai manajemen laba dan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah akuisisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris bagaimana manajemen laba dilakukan oleh perusahaan pengakuisisi sebelum pelaksanaan akuisisi. Selain itu bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah akuisisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif, yaitu untuk membandingkan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Analisis kinerja keuangan dalam penelitian ini menggunakan rasio keuangan, yang meliputi prifitabilitas, aktivitas, dan solvabilitas. Analisis manajemen laba menggunakan teori modifikasi dari Jones. Manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan pengakuisisi adalah dengan proksi discretionary accrual (DA). Kemudian untuk pengukuran kinerja keuangan perusahaan diukur dengan rasio-rasio keuangan meliputi net profit margin, return on assets, total asets turnover, dan debt to equity ratio. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dua perusahaan memiliki nilai DA yang positif dan tiga perusahaan lainnya memiliki nilai DA yang negatif. Selanjutnya kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah akuisisi mengalami perbedaan dan lebih kearah penurunan kinerja keuangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen laba pada dua perusahaan pengakuisisi (ANTM dan UNTR) dilakukan dengan menaikkan laba perusahaan (income increasing accruals) sebelum melakukan akuisisi. Sedangkan tiga perusahaan lainnya (ENRG, RAJA, dan SMGR) terbukti melakukan manajemen laba dengan menurunkan laba perusahaan (income decreasing accruals) sebelum melakukan akuisisi. Selanjutnya kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan TATO mengalami penurunan sesudah akuisisi. Sedangkan NPM dan DER mengalami peningkatan sesudah akuisisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:50
Last Modified: 28 Mar 2016 10:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo