UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

PUTRI, SHANTI PRADITHA (2015) PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shantiprad-40098-1-pendahul-n.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shantiprad-40098-2-babi.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pendekatan ilmiah (scientific) dengan menggunakan metode pembelajaran two stay two stray pada pembelajaran matematika, 2) tingkat aktivitas peserta didik pada pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah (scientific) menggunakan metode two stay two stray, 3) tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah (scientific) menggunakan metode pembelajaran two stay two stray. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan ilmiah (scientific) dengan metode two stay two stray. Sumber data adalah siswa kelas VII-C MTs Muhammadiyah 1 Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, pengerjaan latihan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai pada setiap indikator untuk mengetahui pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan pendekatan ilmiah (scientific) menggunakan metode two stay two stray dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan dalam RPP, yaitu tahap mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan, 2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran cukup baik, dimana rincian tingkat aktivitas mengamati berkategori cukup yaitu sebesar 2.375. Aktivitas menanya dikategorikan cukup yaitu sebesar 2,43 sedangkan untuk aktivitas menalar dan mencoba juga dikategorikan cukup yaitu sebesar 2,30 dan 2.41. Untuk aktivitas mengkomunikasikan dikategorikan baik, yaitu rata – rata nilainya sebesar 2.54, 3) kemampuan komunikasi matematika siswa berkategori A-, untuk tahap menggunakan dan menjelaskan ide matematika secara tertulis beserta hubungannya mendapat rata-rata 3.41 dengan kategori B+. kemudian pada tahap menggunakan notasi matematika untuk menyajikan ide, menggambar hubungan dan pembuatan model serta tahap menghasilkan dan menyajikan ide mendapat rata-rata sebesar 3.115 dan 3.12 dengan kategori B.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:39
Last Modified: 28 Mar 2016 10:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22918

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo