UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MATH STATISTIC MARBLE PADA MATERI STATISTIKA DI SMP KARTIKA IV-9 MALANG

HIDAYAH, WAHYU AINUL (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MATH STATISTIC MARBLE PADA MATERI STATISTIKA DI SMP KARTIKA IV-9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuainul-40100-1-pendahul-n.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuainul-40100-2-babi.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan struktur-struktur yang abstrak. Statistika juga merupakan bagian dari matematika. Masih banyak siswa yang masih kesulitan terhadap memahami soal yang diberikan dan. Hal ini terjadi karena siswa kurang menguasai konsep yang ada. Dalam penyampaian materi Statistika diperlukan media yang interaktif yang sesuai dengan siswa. Saat ini siswa lebih suka bermain game daripada belajar, oleh karena itu perlu dikembangkan media game math statistic marble. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini yaitu untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berbentuk game edukatif yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media pembelajaran dengan uji coba terbatas. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini antara lain: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk (6) uji coba pemakaian, (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar validasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi diperoleh rata-rata penilaian validator media 1 sebesar 81,25%, validator media 2 sebesar 85% dan validaor media 3 sebesar 81,25% sedangkan dari aspek materi, validator materi 1 sebesar 80%, validator materi 2 sebesar 77,7%. Hasil tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid dilihat dari aspek media dan dinyatakan layak dari aspek materi sehingga sangat layak diujicobakan kepada siswa. Dari hasil wawancara saat berlangsungnya uji coba juga mendapatkan tanggapan yang postif dari siswa, dengan adanya media ini siswa lebih tertarik belajar matematika serta mempermudah siswa memahami konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:35
Last Modified: 28 Mar 2016 10:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo