UMM Institutional Repository

Penerapan Metode Jigsaw Dengan Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika pada kelas VII di SMPN 06 Batu Tahun Ajaran 2015/2016

MANASIKANA, ARINA (2015) Penerapan Metode Jigsaw Dengan Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika pada kelas VII di SMPN 06 Batu Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinamanas-40105-1-pendahul-n.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinamanas-40105-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode jigsaw dengan pendekatan metakognitif pada pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode jigsaw dengan pendekatan metakognitif. Sumber data adalah peserta didik kelas VII-E SMPN 06 Batu dan peneliti. Data diambil dari hasil observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, pengerjaan pos tes dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penerapan metode jigsaw dengan pendekatan metakognitif dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dalam RPP dengan rata-rata adalah 88,57 dengan kategori sangat baik dan aktifitas peserta didik adalah 85,06 dengan kategori sangat baik. Aktifitas siswa yang dilihat adalah aspek berbicara, mencatat, mendengarkan dan mental. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik paling rendah terletak pada aspek merencanakan dan menjalankan rencana yaitu 90,24 dan 88,29. Walaupun rendah peserta didik dapat mencapai katagori sangat baik. Kategori yang termasuk pada kataogori tinggi jika dibandingkan dengan dua aspek tersebut adalah pada aspek memahami masalah dan menguji jawaban yaitu 94,34 dan 91,02. Secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik adalah 90,97 dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik pada penerapan metode jigsaw dengan pendekatan metakognitif dikatakan sangat baik. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis keseluruhan yaitu 88,27

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:23
Last Modified: 28 Mar 2016 10:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo