UMM Institutional Repository

AUTOMATIC TANK CHARGING USING WIRELESS ENERGY TRANSFER

BUCHORI, ZAINAL (2015) AUTOMATIC TANK CHARGING USING WIRELESS ENERGY TRANSFER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zainalbuch-40918-1-pendahul-n.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zainalbuch-40918-2-bab1.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pada kebanyakan perangkat elektronik yang menggunakan baterai saat ini, mempunyai masalah yaitu daya tahan baterai yang sangat singkat. Seperti halnya jika seseorang mempunyai sebuah robot yang berfungsi untuk memantau kondisi di dalam rumah saat ditinggal bepergian ke luar kota, jika baterai robot akan habis robot tidak bisa melakukan pengisian sendiri karena terlalu sulit bagi robot untuk menancapkan charger ke badannya. Pemilik rumah harus menyediakan wireless charger untuk robot supaya saat baterai akan habis maka robot akan berjalan mendekati stasiun pengisian dan melakukan pengisian baterai. Selain itu untuk menghemat pemakaian listrik wireless charger harus bisa dihidupkan dan dimatikan jarak jauh melalui internet. Untuk mengetahui kapan baterai robot akan habis dan kapan baterai robot penuh maka diperlukan sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan monitoring. Masalah utama dalam pengembangan wireless charger adalah terbatasnya jarak antara transmitter dan receiver dalam melakukan transfer energi. Pada penelitian ini, dibuat 2 driver transmitter yaitu dengan menggunakan transistor dan ZVS kelas D, selain itu juga dibuat 3 desain koil transmitter circular loop, flat spiral, dan hexagonal. Berdasarkan data pengujian terhadap 2 driver dan 3 desain transmitter diperoleh hasil efisiensi tegangan tertinggi pada jarak 1 cm adalah menggunakan driver ZVS kelas D dengan desain koil transmitter circular loop, sedangkan efisiensi arus tertinggi pada jarak 1 cm adalah dengan menggunakan driver transistor dengan desain koil transmitter flat spiral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:04
Last Modified: 28 Mar 2016 10:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo