UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LECES

AL IZZATI, LIFIRDHAUSI (2015) EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 LECES. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lifirdhaus-40141-1-pendahul-.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lifirdhaus-40141-2-bab1.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Dari 32 siswa di kelas VIII E hanya 55% yang mencapai KKM sedangkan 45% tidak mencapai KKM. Selain itu, pembelajaran yang biasa diterapkan guru dalam kelas adalah pembelajaran satu arah. Proses pembelajaran ini masih memberi dominasi pada guru dan tidak memberi akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri, serta kemampuan bekerjasama dengan siswa lain. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan metode Penemuan Terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika baik dari aktivitas guru dan siswa dengan metode Penemuan Terbimbing, menjelaskan efektivitas respon siswa dan menjelaskan efektivitas hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan metode Penemuan Terbimbing dengan materi lingkaran di SMP Negeri 1 Leces. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendidikan matematika yang dilakukan dengan 4 kali pertemuan dengan prosedur penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pembuatan laporan penelitian. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII E. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil dan pembahasan sebagai berikut: a. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Penemuan Terbimbing tersebut efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel hasil rekapan perhitungan persentase aktivitas guru, bahwa dari tiga pertemuan, keterlaksanaan pembelajaran secara keseluruhan menunjukkan total rata-rata 96,75% dengan ketegori sangat baik.. Hal ini juga menunjukkan peningkatan proses belajar dari pertemuan ke pertemuan yang sudah dilaksanakan. Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa total rata-rata dari tiga pertemuan sebesar 90,18% dengan kategori sangat baik dan metode ini efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa, b. Respon siswa menunjukkan metode ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar dengan kriteria rentang skala minimal 2,4 < R ≤ 3,2 dengan rata-rata skor 3,15 dan kategori efektif, c. Hasil belajar menggunakan metode ini efektif meningkatkan ketuntasan belajar siswa dari dari 25% ke 84,38% sebesar 59,38%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:47
Last Modified: 28 Mar 2016 09:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo