UMM Institutional Repository

PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATU

KARINA, MELLA DWI (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-melladwika-40145-1-pendahul-n.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-melladwika-40145-2-babi.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dan make a match pada pembelajaran matematika, aktivitas nelajar peserta didik, pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dan make a match. Sumber data adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Batu dan Peneliti. Data diambil melalui Observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan guru, pengerjaan evaluasi untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dan Angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukakan bahwa penerapan penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dan make a match dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun dengan rata- rata aktivitas guru sebesar 79,17 dan aktivitas peserta didik sebesar 67,36. Ativitas belajar peserta didik selama pembelajaran berkategori baik, dengan rincian tingkat aktivitas mengamati dan menanya berkategori baik, mengumpulkan informasi dan mengasosiasikan atau mengolah informasi berkategori sangat baik dan mengkomunikasikan berkategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik secara keseluruhan tergolong baik dengan rincian pemecahan masalah memahami, menyusun rencana dan melaksanakan rencana berkategori baik dan memeriksa kembali berkategori sangat baik. Minat belajar peserta didik berkategori sangat baik dengan rata-rata keseluruhan 82,72. Indikator perasaan senang memperoleh rata-rata paling tinggi dari indikator perhatian dalam belajar dan ketertarikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:33
Last Modified: 28 Mar 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22873

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo