UMM Institutional Repository

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK OPTIMALISASI KOMPOSISI PARCEL PADA APLIKASI PEMESANAN PARCEL

WARDHANI, GALUH LARASATI (2015) PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK OPTIMALISASI KOMPOSISI PARCEL PADA APLIKASI PEMESANAN PARCEL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galuhlaras-41170-1-pendahul-n.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galuhlaras-41170-2-babi.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Paket hadiah atau parcel merupakan suatu hadiah dari seseorang, keluarga maupun instansi yang ditujukan kepada seseorang, keluarga maupun instansi lainnya. Menjelang event-event seperti Hari Raya maupun event-event lainnya, banyak toko atau swalayan yang menyediakan parcel-parcel mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar, atau dari yang berharga murah hingga berharga mahal. Namun, komposisi isi dan harga dari setiap parcel telah disediakan dan ditentukan oleh toko atau swalayan maupun pembuat parcel tersebut sehingga customer tidak dapat memilih parcel dengan kisaran harga yang diinginkan. Terkadang komposisi dan harga parcel yang tersedia tidak sesuai dengan keinginan para customer dan ini dapat menjadi suatu kekurangan yang harus dipertimbangkan untuk kepuasan customer. Algoritma genetika merupakan algoritma pencarian dengan pendekatan komputasional untuk menentukan optimalisasi global didasarkan Teori Darwin yaitu proses evolusi yang terjadi pada mahluk hidup yakni genetika dan seleksi alam. Proses evolusi ini bertujuan untuk menghasilkan individu baru yang lebih baik dari yang sebelumnya. Algoritma genetika merupakan salah satu algoritma yang tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi kompleks, yang sulit dilakukan dengan metode konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan algoritma genetika yang menggunakan metode seleksi Rank-Based Fitness, penyilangan satu titik (One-Point Crossover) dan mutasi berbasis urutan (Order-Based Mutation) untuk mencari hasil nilai fitness terbaik yang akan menghasilkan optimalisasi komposisi parcel yang paling baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:16
Last Modified: 28 Mar 2016 09:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo