UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN GEOMETRI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG ANGKATAN 2012/2013 MENURUT TEORI VAN HIELE

DEWI, WINA PRAMUDYA (2015) ANALISIS KEMAMPUAN GEOMETRI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG ANGKATAN 2012/2013 MENURUT TEORI VAN HIELE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-winapramud-40757-1-pendahul-n.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-winapramud-40757-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Geometri telah dipelajari sejak berada di sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi seharusnya telah menguasai konsep-konsep geometri. Namun pada kenyataannya, mahasiswa masih merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri. Hal ini dapat dilihat dari nilai ujian mahasiswa pendidikan matematika UMM pada mata kuliah geometri tansformasi. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dicari tahu mengenai kemampuan geometri mahasiswa UMM pada mata kuliah geometri tranfsormasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan geometri mahasiswa. Kemampuan ini ditinjau dari teori belajar yang jelaskan oleh van Hiele. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi geometri transformasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika kelas A semester 6 angkatan 2012/ 2013 Universitas Muhammadiyah Malang. Menurut banyak pendapat menyatakan bahwa teori belajar van Hiele merupakan teori yang cocok dalam pembelajaran geometri. Dalam van Hiele disebutkan tahap-tahap pembelajaran secara jelas dan sistematis. Selain itu juga terdapat tahap-tahap berpikir geometri yang berurutan dari level 0 hingga 4. Teori van Hiele adalah teori yang menyatakan bahwa level berpikir geometri seseorang dibagi menjadi 5 level, yakni level 0 atau level visualisasi, level 1 atau level analisis, level 2 atau level deduksi informal, level 3 atau level deduksi, dan level 4 atau level rigor. Oleh karena itu penelitian ini akan didasarkan pada Teori Belajar van Hiele. Data dari penelitian ini didapatkan melalu lembar tes yang berisikan soal-soal geometri transformasi. Soal soal ini diberikan kepada 27 mahasiswa di daam kelas tersebut. Lembar tes tersebut akan mengahasilkan data-data skor mahasiswa yang akan diolah dan dideskripsikan menggunakan narasi sinngkat. Dengan menjelaskan melalui narasi akan dijabarkan kesimpulan kesimpulan secara lebih terperinci. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kemampuan mahasiswa telah mencapai level 4. Namun tingkat kebenaran pengerjaan soal hanya berada pada rata-rata skor 1,44. Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan geometri mahasiswa berada di kategori cukup dan perlu ditingkatkan lagi. Hal tersebut dikarenakan kurang baiknya pemahaman konsep mahasiswa yang akhir secara langsung mempengaruhi kemampuan geometri mahasiswa dalam memecahkan masalah geometri transformasi. Hal ini dapat di atasi dengan menggunakan model-model pembelajaran yang tepat untuk menanamkan konsep dengan baik kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:08
Last Modified: 28 Mar 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22845

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo