UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MA UNGGULAN DARUL FALAH MOJOKERTO

KHUSNAH, VIVI KHOLIFATUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MA UNGGULAN DARUL FALAH MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivikholif-40833-1-pendahul-n.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivikholif-40833-2-bab1.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas siswa dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share dalam pembelajaran matematika di kelas X MA Unggulan Darul Falah Mojokerto. Penelitian ini dilakukan dilakukan di MA Unggulan Darul Falah Mojokerto pada tanggal 22-30 April 2015. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1. Objek yang diteliti adalah aktivitas siswa dan guru, serta kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes tertulis dan wawancara bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan sintak yang telah dirancang. (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share menunjukkan kategori yang baik. (3) kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share telah mencapai tingkat penguasaan kemampuan berpikir kritis yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share telah mencapai rata-rata dengan kategori yang baik untuk setiap variabelnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:01
Last Modified: 28 Mar 2016 09:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22838

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo